Industri Otomotif Serba Robotik, Peran Manusia Tetap Diperlukan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Industri Otomotif Serba Robotik, Peran Manusia Tetap Diperlukan
Ilustrasi robot sedang mengetik (Shutterstock).

Peran robot di dunia otomotif zaman now memang sangat luas. Toh, peran manusia juga ada.

Suara.com - Tidak dapat dipungkiri, penggunaan robot dalam proses produksi industri otomotif sedikit banyak mulai menghilangkan peran manusia. Hal ini tidak lain untuk menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan pabrikan.

Namun semakin canggih dan pintarnya robot-robot dalam proses produksi kendaraan, masih ada beberapa posisi yang sebenarnya belum bisa digantikan, atau dengan kata lain harus tetap dikerjakan oleh manusia.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, meninjau pabrik mobil PT Sokonindo Automobile yang mengadopsi sistem Industry 4.0 pertama di Indonesia, di Serang, Banten, Selasa. [Antara]
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, meninjau pabrik mobil PT Sokonindo Automobile yang mengadopsi sistem Industry 4.0 pertama di Indonesia, di Serang, Banten. Sebagai ilustrasi [Antara]

Seperti diwartakan Autoevolution, setidaknya ada enam hal yang masih harus dilakukan oleh manusia. Yaitu:

1. Manajemen puncak

Walaupun kini telah banyak software yang berguna untuk membantu peran seorang manajer, baik pengumpulan data, melakukan analisa, maupun mengatur gaji, peran seorang manajer secara sepenuhnya masih belum dapat digantikan software maupun mesin.

Hal ini dikarenakan seorang manajer harus mengambil keputusan perusahaan dengan berbagai pertimbangan, termasuk menyangkut moral.

2. Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas

Pekerjaan-pekerjaan seperti mendesain kendaraan masih akan dilakukan oleh manusia. Hal ini dikarenakan desain kendaraan akan mempengaruhi pandangan calon konsumen.

Kendaraan dengan desain yang dianggap mampu menarik konsumen akan diminati begitupun sebaliknya.

3. Pembangunan dan perawatan pabrik

Di pabrik, proses produksi kendaraan boleh saja didominasi oleh kerja robot dan mesin. Namun untuk membangun pabrik itu sendiri, peran manusia masih sangat dibutuhkan. Termasuk untuk merakit robot yang akan digunakan dalam jalur produksi.

Setelah pabrik jadi dan proses produksi berjalan, manusia pula yang akan mengawasi kinerja mesin tadi, dan melakukan perbaikan.

Berikutnya adalah peran spesifik yang semakin memperjelas: robot tidak memiliki kualitas ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS