5 Hits Otomotif Pagi: Rijbewijs, Suzuki Hayabusa Mutakhir

RR Ukirsari Manggalani
5 Hits Otomotif Pagi: Rijbewijs, Suzuki Hayabusa Mutakhir
Ilustrasi Suzuki Hayabusa [Shutterstock]

Berikut adalah lima (5) berita paling hits dari kanal otomotif Suara.com, mulai pagi hingga tadi malam. Ada SIM jadul serta Hayabusa.

Suara.com - Pernah mendengar kakek atau kerabat zaman old berkata “rebuwes” atau SIM? Yang beliau maksudkan sebenarnya adalah rijbewijs. Tak lain adalah kartu izin membawa kendaraan bermotor. Ada alasan pula mengapa namanya surat padahal berbentuk kartu.

Kemudian, kabar seru datang dari India, tentang hadirnya Suzuki Hayabusa edisi terbatas. Didatangkan dalam kondisi terurai atau Completely Knock-Down (CKD), motor dengan nama melegenda ini tembus Rp 250 juta bila harganya dikonversi ke mata uang kita.

Lantas, tak lupa juga mari tundukkan kepala sejenak atas meninggalnya nenek Siti Aisah. Seorang pejalan kaki yang menyeberang di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, pada Minggu pagi sekitar pukul 06.30 WB (15/12/2019) bersama cucunya. Ia mengalami kecelakaan lalu lintas karena ditabrak satu unit Harley-Davidson dan kasusnya kini tengah ditangani Polresta Bogor Kota.

Kejadian ini adalah cermin bagi para pengguna jalan raya, termasuk dunia otomotif pada umumnya. Di mana kita semua berbagi ruang berjalan, mengemudi, berkendara, membonceng, dan semua aktivitas kendaraan bermotor. Jangan sampai ketidakwaspadaan pribadi merugikan orang lain. Bahkan hingga meminta nyawa.

Berikut adalah lima (5) berita paling hits dari kanal otomotif Suara.com, mulai pagi hingga tadi malam.

1. Ternyata Begini Wujud SIM di Zaman Penjajahan Belanda, Unik!

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). (Foto: www.polri.go.id)
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). (Foto: www.polri.go.id)

Mungkin banyak orang, terutama anak milenial yang kebingungan ketika orang-orang tua mengingatkan untuk bawa 'Rebuwes' ketika akan berkendara.

Rebuwes atau Rijbewijs adalah bahasa Belanda yang kurang lebih bisa diartikan sebagai surat izin mengemudi atau SIM di zaman itu.

Baca selengkapnya

2. Mitsubishi Manfaatkan Baterai Bekas Outlander PHEV untuk Operasional Pabrik

Mitsubishi Outlander PHEV muncul dalam konvoi
Mitsubishi Outlander PHEV muncul dalam konvoi "Jakarta Langit Biru". [Dok PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia]

Limbah baterai kendaraan listrik terus menjadi perdebatan di tengah pesatnya perkembangan kendaraan ramah lingkungan. Pasalnya, limbah baterai dianggap menjadi salah satu penyebab pencemaran lingkungan.

Menjawab persoalan tersebut, Mitsubishi justru akan memanfaatkan baterai bekas sebagai salah satu sumber tenaga operasional pabrik di Okazaki, Jepang.

Baca selengkapnya

3. Suzuki Hayabusa Edisi Terakhir Dibanderol Rp 272 Juta

Suzuki Hayabusa (Shutterstock)
Suzuki Hayabusa (Shutterstock)

Tersedia dalam jumlah terbatas, Suzuki India resmi menetapkan harga Hayabusa edisi terakhir dengan banderol Rs 13,75 lakh atau setara Rp 272 juta.

Di India, penantang Kawasaki Ninja ZX-14R ini diboyong secara terurai (Completely Knock Down) dan dirakit di pabrik SIMPL di Gurgaon. Sementara pengiriman unit akan dimulai pada 20 Januari 2019.

Baca selengkapnya

4. Akankah Honda Air Blade 150 Masuk Indonesia?

Honda Air Blade 150 diluncurkan di Vietnam pada pertengahan Desember 2019. [Dok Honda Vietnam]
Honda Air Blade 150 diluncurkan di Vietnam pada pertengahan Desember 2019. [Dok Honda Vietnam]


Peluncuran Honda Air Blade 150 di Vietnam ramai menjadi perbincangan karena digadang-gadang akan menjadi skutik penantang Yamaha Aerox.

Dengan desain yang ditawarkan, produk teranyar dari Honda ini memang lebih terlihat seperti skutik petualang dibandig model touring. Namun apakah model ini juga akan diboyong ke Indonesia untuk menemani jajaran skutik 150 milik produsen sayap mengepak tersebut.

Baca selengkapnya

5. Tabrak Warga Hingga Tewas, Moge B 4754 NFE Tak Terdaftar di Samsat?

Ilustrasi Harley Davidson. [Shutterstock]
Ilustrasi Harley Davidson. [Shutterstock]

Motor Gede (Moge) merek Harley-Davidson identik dengan motor mahal yang hanya mampu dimiliki oleh kaum berkantung tebal.

Tak heran jika banyak pemilik motor Harley-Davidson ini selain para pengusaha juga para pejabat di beberapa institusi negara.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS