Recall Tiga Model Kendaraan Sekaligus, Ini Daftar dari Mitsubishi

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Recall Tiga Model Kendaraan Sekaligus, Ini Daftar dari Mitsubishi
Mitsubishi Outlander Sport Active dipamerkan di Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Mitsubishi Indonesia melakukan recall atau kampanye perbaikan tiga model mobilnya. Ini penjelasan teknisnya.

Suara.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan) untuk model kendaraan Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport dan Delica untuk melakukan penggantian Engine Auto Tensioner.

Produsen otomotif berlogo tiga berlian ini mencatat ada 1.220 unit yang harus mengikuti perbaikan. Jumlah ini melingkupi 1,217 unit Lancer EX (2008-2010), 2 unit Outlander Sport (2010-2011), serta 1 unit Delica produksi 2010.

Mitsubishi Lancer EX. [Shutterstock]
Mitsubishi Lancer EX. Sebagai ilustrasi [Shutterstock]

"Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di dealer resmi kami, dengan prosedur yang mudah serta kompensasi penggantian part yang terkait tanpa biaya," ujar Eiichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT MMKSI.

Dalam keterangan resminya, Mitsubishi menjelaskan, desain Engine Auto Tensioner yang kurang sempurna mengakibatkan tekanan atau gaya tahanan geser menjadi tinggi seiring umur pemakaian. Kondisi ini bisa mempengaruhi durabilitas komponen itu. Yaitu berpotensi menyebabkan dudukan Engine Auto Tensioner yang dibautkan ke blok mesin retak saat mesin sedang digunakan dalam kondisi putaran tinggi secara berulang (overload driving).

Dalam kondisi terburuk, masalah ini akan menyebabkan mesin pecah dan drive belt yang berfungsi sebagai penerus putaran mesin untuk menyatukan putaran pompa oli power steering, putaran alternator serta putaran pompa air sirkulasi cairan pendingin radiator terlepas.

Ketika drive belt terlepas, akan berakibat pada lampu engine check yang menyala, oli power steering kehilangan tekanan, performa baterai menurun, dan mesin menjadi overheat.

Namun hingga saat ini belum ada laporan kejadian dari adanya masalah pada Engine Auto Tensioner itu di Indonesia. Dalam mengikuti kampanye ini, konsumen tidak akan dipungut biaya apapun.

Perbaikan dilakukan dengan cara mengganti komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik. Adapun estimasi waktu perbaikan sekitar 1,5 jam. Kampanye ini akan dimulai 28 Februari 2020 di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS