NgabubuTips, Rawat Aki Mobil yang Tepat Selama PSBB

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
NgabubuTips, Rawat Aki Mobil yang Tepat Selama PSBB
Ilustrasi memeriksa aki mobil. [Shutterstock]

Aki mobil juga perlu dirawat lho, bukan cuma pasangan kalian yang dirawat mulu

Suara.com - Selama pandemi virus corona ini, mobil lebih sering diparkir di garasi daripada digunakan untuk jalan-jalan. Apalagi kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di beberapa kota, membuat mobil harus berdiam diri di garasi.

Ketika mobil jarang dipakai, justru bisa menimbulkan masalah besar buat pemilik, terutama pada bagian aki. Aki menjadi komponen vital dalam mobil karena memiliki peran penting dalam kelistrikan.

Lalu bagaimana sih cara agar aki mobil tetap awet ketika PSBB ini? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan seperti yang dikutip dari Mitsubishi Motor Indonesia.

1. Periksa Jenis Aki

Kenali aki yang ada pada mobil apakah termasuk tipe aki kering atau pun basah. Pada tipe aki kering, umumnya terdapat indikator warna kemampuan aki.

Warna biru menandakan aki masih dalam kondisi prima, warna putih tanda aki butuh tambah setrum, dan merah wajib ganti.

Sedangkan pada aki basah, mengecek kondisi aki bisa diperhatikan pada batas atas dan bawah cairan elektrolit. Bila batas cairan mendekati batas bawah berarti harus ditambah.

2. Periksa Terminal Aki

Jangan lupa periksa bagian luarnya, yakni terminal aki. Jika ada kotoran berwarna putih seperti kerak maka harus segera dibersihkan.

Lepas semua konektor aki, kemudian siram kerak putih tadi dengan menggunakan air hangat.

3. Sering-sering Menyalakan Mesin

Menyalakan mesin selama PSBB sangat penting untuk menjaga kondisi aki mobil. Sebaiknya menyalakan mesin setiap 3 hari sekali sudah cukup kok.

4. Menjaga Putaran Mesin Tetap Konstan

Walaupun sering dipanasin di garasi, alangkah lebih baiknya juga dibawa jalan-jalan keliling kompleks. Lakukan hal ini selama 10 sampai 15 menit untuk menjaga agar aki tetap prima.

Biasanya pengisian daya ke aki tetap maksimal harus dijaga di putaran mesin 1.500 rpm. Agar maksimal mau tidak mau kalian harus sedikit menekan pedal gas.

Hal ini dilakukan agar tekanan RPM bisa naik dan proses pengisian berjalan sempurna. Bisa saja dinyalakan di garasi, tapi akan menimbulkan polusi.

Dari Redaksi:
Artikel ini tersaji di microsite khusus Ramadan Suara.com, yang selain memuat beragam konten menarik terkait Ramadhan 1441 H, kali ini juga menghadirkan beberapa fitur spesial. Ada fitur Kalkulator Zakat bagi yang butuh menghitung zakatnya, menu Tadarus lengkap dengan tulisan dan suara untuk yang ingin mengaji atau baca Al Quran online, dan tentu ada Jadwal Imsakiyah untuk yang ingin mengetahui waktu Imsak, berbuka, maupun waktu salat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS