alexametrics

Aliansi Ford dan Volkswagen Produksi Mobil Listrik dan Komersial

RR Ukirsari Manggalani
Aliansi Ford dan Volkswagen Produksi Mobil Listrik dan Komersial
Ford Transit Van atau Ford Transit Passenger Wagon XLT Van. Sebagai ilustrasi produk kendaraan jenis komersial dari Ford Motor Company [Shutterstock].

Volkswagen menyatakan sepakat menggarap mobil proyek aliansi bersama Ford Motor Company.

Suara.com - Secara resmi, Volkswagen memberikan pernyataan bahwa dewan pengawasnya telah menyatakan persetujuan atas pembuatan mobil yang akan digarap bersama mitra aliansinya, Ford Motor Company. Demikian dikutip dari kantor berita Antara pada Kamis (28/5/2020).

Aliansi Volkswagen dan Ford Motor Company pertama kali diumumkan pada Juli 2019. Sesudahnya, disusun beberapa projek bernilai miliaran dolar Amerika Serikat dan sekarang dinyatakan disetujui untuk digarap bersama oleh pihak Volkswagen. Menyusul adalah penandatanganan kontrak yang mengikat kedua belah pihak.

Volkswage ID.R di Nuerburgring [YouTube: Nuerburgring Nordschleife].
Volkswagen ID.R di Nuerburgring. Contoh mobil listrik buatan Volkswagen [YouTube: Nuerburgring Nordschleife].

Dan di sisi lain, juru bicara Ford Motor Company juga menyatakan sehari lalu, "Kami berharap untuk bersama-sama segera memberikan kabar baru."

Setelah proyek pembuatan mobil nanti, pihak Volkswagen juga menyatakan, "Proyek-proyek lebih lanjut akan dilakukan, seperti investasi kami di Argo AI."

Baca Juga: Berusia 500 Tahun, Seni Cadas Misterius Ini Dibuat dari Lilin Lebah

Sebuah Argo AI yang tengah beroperasi di Miami, Florida, Amerika Serikat [Shutterstock].
Sebuah Argo AI yang tengah beroperasi di Miami, Florida, Amerika Serikat [Shutterstock].

Dan sebagai catatan, Argo adalah perusahaan software independen yang didukung oleh Ford Motor Company, dan sekarang akan digarap bersama dengan Volkswagen. Nilai investasi yang direncanakan Volkswagen adalah sebesar 3,1 miliar dolar Amerika Serikat.

Sementara itu, proyek yang akan digarap oleh aliansi Ford Motor Company dan Volkswagen antara lain meliputi beberapa produk mobil jenis komersial dan tenaga listrik. Yaitu seperti pickup kelas menengah yang akan dikembangkan oleh Ford. Van transporter digarap Volkswagen. Lalu van komersial dimensi lebih besar dikerjakan Ford. Sementara mobil listrik dari Ford Eropa bakal digarap menggunakan arsitektur kendaraan listrik milik Volkswagen.

Komentar