Keren, Teknologi Ford Co-Pilot360 Kini Dilengkapi Fitur Hands-Free

RR Ukirsari Manggalani
Keren, Teknologi Ford Co-Pilot360 Kini Dilengkapi Fitur Hands-Free
CEO Ford James Hackett (ketiga dari kiri) didampangi staf tim pembuat mobil listrik Ford meresmikan Mustang Mach-E, dalam sebuah seremoni di Hawthorne, California pada 17 November 2019. Ini adalah upaya serius Ford dalam membuat EV jarak jauh dan akan menjadi unggulan dari jajaran baru yang akan mencakup truk pickup F-150 listrik [AFP/Mark Ralston].

Produk lansiran Ford bisa menggantikan fungsi driver sejenak, namun eksekusi tentu saja tetap dibutuhkan peran pengemudi.

Suara.com - Ford Motor Company kini menambahkan fitur bertajuk hands-free pada teknologi bantuan pengemudi Co-Pilot360, yang memungkinkan pengendara mobil Ford melepaskan setir saat tengah melaju di jalur tertentu semisal jalan tol. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

"Mengemudi di ruas jalan raya yang panjang tetap menjadi masalah besar bagi pengemudi di seluruh dunia. Lewat teknologi bantuan pengemudi seperti Active Drive Assist, atau kami menyebutnya hands-free Ford, konsumen bisa menjadi lebih percaya diri kapan pun mereka mesti menyetir," papar ," kata Hau Thai-Tang, kepala pengembangan dan pembelian produk Ford, yang dikutip kantor berita Antara pada Senin (12/6/2020).

John Gilchrist, insinyur Mustang Mach-E, mendemonstrasikan Active Drive Assist, fitur bantuan pengemudi baru yang memungkinkan mengemudi melepas tangannya dari roda kemudi di jalan tol panjang. [Ford via ANTARA].
John Gilchrist, insinyur Mustang Mach-E, mendemonstrasikan Active Drive Assist, fitur bantuan pengemudi baru yang memungkinkan mengemudi melepas tangannya dari roda kemudi di jalan tol panjang. [Ford via ANTARA].

Adapun perkembangan Active Drive Assist milik Ford diawali dari Intelligent Adaptive Cruise Control dan kini semakin disempurnakan dengan Lane Centering, kemudian ada mode hands-free Ford pertama yang berpotensi meningkatkan lebih banyak asistensi mengemudi di masa depan.

Cara kerjanya, kamera dilengkapi inframerah canggih akan melacak pandangan mata dan posisi kepala untuk memastikan pengemudi memperhatikan jalan saat berada dalam Mode Hands-Free serta Mode Centering Lane, yang bekerja di jalan mana pun dengan garis jalur. Lalu ada petunjuk visual pada kluster instrumen untuk melanjutkan kegiatan mengemudi atau memilih kontrol kendaraan.

Active Drive Assist bakal diluncurkan untuk produksi Ford Motor Company pada 2021, di antaranya Ford Mustang Mach-E.

Konsumen pertama yang membeli Mustang Mach-E, akan memperoleh hardware Active Drive Assist yang termasuk sebagai paket Ford Co-Pilot360 Active 2.0.

Dan seterusnya, paket software Active Drive Assist bisa diperoleh di dealer Ford, atau melalui pembaruan over-the-air yang tersedia pada kuartal ketiga 2021.

Paket Co-Pilot360 Active 2.0 Ford juga dilengkapi Active Park Assist 2.0, iterasi terbaru dari teknologi park-assist membantu proses memarkir Ford Mustang Mach-E. Caranya, cukup tekan tombol agar mobil bisa diparkir paralel atau lurus secara simpel.

Juga tersedia Park Out Assist dengan kemampuan pengindraan sehingga pengemudi bisa mengemudi keluar dari tempat parkir, meski ada mobil lain parkir terlalu dekat.

Selain itu, ada pula dua perangkat tambahan untuk Sistem Lane-Keeping Ford, yaitu detektor trotoar dan bantuan blind spot. Disebut pertama akan memberikan peringatan pengemudi jika kendaraan mulai keluar dari badan jalan. Sedangkan yang kedua mengidentifikasi kendaraan di lokasi blind spot, lewat cahaya di kaca spion samping.

Seru, kegiatan mengemudi pun jadi semakin nyaman, meski tidak boleh mengurangi fokus dan konsentrasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS