Kemitraan BMW dan Alibaba Hasilkan Pusat Inovasi di Shanghai

RR Ukirsari Manggalani
Kemitraan BMW dan Alibaba Hasilkan Pusat Inovasi di Shanghai
BMW Seri 5 dan 6 di Korea Selatan. Sebagai ilustrasi produk lansiran BMW Group [ANTARA/Yonhap].

BMW Group menjalin kemitraan dengan Alibaba dan nantinya akan membuka Startup Garage.

Suara.com - Menuju era masa depan dengan salah satu andalan pemasaran online, perusahaan otomotif melirik platform e-commerce sebagai mitra strategis. Salah satunya adalah BMW Group, yang menjalin kemitraan dengan raksasa e-commerce Alibaba Group.

Dikutip dari kantor berita Antara, hasil kemitraan dari produsen otomotif yang bermarkas di Jerman serta produsen e-commerce asal China ini adalah bersama membangun pusat inovasi di Shanghai.

Ilustrasi logo perusahaan Alibaba di sebuah gedung di Beijing, Cina (Shutterstock).
Ilustrasi logo perusahaan Alibaba di sebuah gedung di Beijing, Cina (Shutterstock).

Berada di Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Jinqiao, Distrik Pudong, Negeri Tirai Bambu, pusat inovasi Alibaba dan BMW Group ini bakal dioperasikan bersama oleh Alibaba Cloud dan BMW Startup Garage. Demikian disebutkan oleh Sina Weibo dan dipantau Antara pekan lalu (4/7/2020).

Selain bekerja sama dengan Alibaba, BMW Group juga akan berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan startup atau perusahaan rintisan.

Jochen Goller, President dan CEO BMW Group wilayah China mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan sehari-hari masyarakat, dan mengarahkan industri otomotif pada sistem elektrik, kecerdasan artifisial, dan digitalisasi masa depan.

Menurutnya, BMW akan memegang teguh komitmennya berinvestasi di China. Apalagi mengingat ada 34.000 unit menara pemancar berbasis 5G dan 100.000 unit pengisian baterai mobil listrik siap dibangun di Shanghai dalam tiga tahun. Fungsinya adalah mendukung iklim usaha BMW dalam meluncurkan proyek otomotif terbarunya.

"Mobil masa depan akan menjadi hub sistem network generasi mendatang, sehingga akan memberikan pengalaman baru bagi masyarakat," tambah Ren Geng, Wakil Presiden Alibaba Group.

Ia menegaskan bahwa Alibaba akan berkolaborasi dengan BMW untuk mencetak sekelompok perusahaan inovasi di Distrik Pudong, Shanghai, sekaligus memperkenalkan talenta-talenta yang menguasai teknologi canggih.

Adapun pusat inovasi Alibaba - BMW Group memiliki luas lebih dari 5.000 meter persegi tercatat sebagai lokasi strategis. pasalnya, Jingqiao menjadi pusat informasi elektronik dan industri otomotif bergengsi di China.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS