Ford Bronco 2021, Siap Ramaikan Ceruk Pasar SUV di Amerika Serikat

RR Ukirsari Manggalani
Ford Bronco 2021, Siap Ramaikan Ceruk Pasar SUV di Amerika Serikat
Ford Bronco model 2021 siap mengembalikan kejayaan Ford Bronco sejak 1966 - 1996 [Ford via ANTARA News].

Sistem kinerja dibantu G.O.A.T Mode, inilah Ford Bronco yang akan bersaing di ranah SUV.

Suara.com - Beberapa pekan lalu, kabar bahwa Ford Motor Company segera melahirkan Ford Bronco semakin jelas. Bahkan sutradara pemenang Oscar atau Academy Awards 2019 sekaligus pendaki gunung profesional dan fotografer kenamaan, Jimmy Chin terlibat pembuatan video clip produk ini.

Produk Ford Bronco sukses di kategori kategori Sport Utility Vehicle (SUV) kurun 1966-1996, Ford Motor Company menyatakan kesiapan untuk meluncurkan model 2021 dari produk itu.  Dikutip dari kantor berita Antara, lansiran baru ini hadir dalam versi dua dan empat pintu.

Ford Bronco dengan sistem G.O.A.T Mode, tangguh all-terrain [Ford via ANTARA News].
Ford Bronco dengan sistem G.O.A.T Mode, tangguh all-terrain [Ford via ANTARA News].

Posisinya sebagai produk SUV adalah mengambil ceruk pasar off-road di Amerika Serikat yang kekinian didominasi Jeep.

"Kami menciptakan keluarga Bronco untuk meningkatkan setiap aspek petualangan off-road, dan membekali mereka dengan perangkat keren. Seperti sasis kuat di kelasnya dan teknologi eksklusif untuk meningkatkan standar transmisi 4x4 yang kokoh agar bisa mengajak pengguna lebih jauh ke alam bebas," demikian papar Jim Farley, Chief Executive Officer (CEO) Ford Motor Company sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari laman resmi Ford, Selasa (13/7/2020).

"Produk ini dibangun dengan ketangguhan produk Ford Seri-F dan semangat kinerja Mustang. Serta dibalut dalam desain off-road eksklusif dan fungsional, yang selaras DNA asli Bronco," imbuhnya.

Adapun menyoal produksi, Ford Bronco akan mulai digarap pada 2021 di Michigan Assembly Plant, seperti lima generasi Bronco sebelumnya. Model pertama bakal tiba di dealer Ford mulai musim semi tahun depan. Dan ada 200 macam barang aftermarket berupa aksesori guna menambah gagah tampilannya.

Secara spesifikasi, Ford Bronco hadir dengan suspensi depan yang bisa meningkatkan kontrol, kepercayaan diri, dan kenyamanan berkendara. Sedangkan suspensi belakang menggunakan pegas koil dengan lima penghubung, menghasilkan kontrol kekuatan dan keandalan medan off-road.

Peredam Bilstein yang sensitif terhadap posisi perjalanan panjang dengan katup kontrol ujung di setiap sudut tersedia untuk menambah daya tahan off-road dan mengurangi guncangan yang kasar.

Dan kaki-kaki SUV ini ditopang ban off-road 35-inchi, dengan roda berkemampuan beadlock yang memungkinkan pelanggan meningkatkan kemampuan off-road.

Sedangkan untuk dapur pacu, ditanam mesin EcoBoost manual 7-percepatan dan transmisi otomatis 10-percepatan untuk memberikan padanan daya, torsi, dan rentang roda gigi seimbang di berbagai medan dan penggunaan.

Spesifikasi mesinnya adalah EcoBoost V6 2.7L untuk melahirkan luaran daya 310 dk pada 400 lb-ft. Sedangkan versi mesin 2.3L menghasilkan tenaga 270 dk pada 310 lb-ft.

Sedangkan teknologi G.O.A.T--singkatan dari Goes Over Any Terrain yang diadaptasi dari kecanggihan produk ini sejak 1960-an--, seperti dikutip dari Motor 1 adalah penggerak empat roda Bronco yang canggih berkemampuan melaju di luar jalan raya, dan membantu pengemudi menavigasi semua jenis medan dengan lebih baik.

Urusan label harga, Ford Bronco versi dua pintu adalah 29.995 dolar Amerika Serikat (AS) atau berkisar Rp434 juta sudah termasuk jasa pengiriman. Sedangkan down payment adalah 100 dolar AS atau sekitar Rp1,5 juta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS