Suka Pecahkan Kode? Cocoknya Meminang Rolls-Royce Wraith Kryptos

RR Ukirsari Manggalani
Suka Pecahkan Kode? Cocoknya Meminang Rolls-Royce Wraith Kryptos
Rolls-Royce Wraith Kryptos dilengkapi cipher yang perlu dipecahkan kodenya [Rolls-Royce via ANTARA News].

Kata mewah saja tidak cukup mewakili. Rolls-Royce Wraith Kryptos menyimpan kode rahasia yang mesti dipecahkan.

Suara.com - Rolls-Royce adalah salah satu produk kebanggaan Britania Raya yang terkenal sebagai negara produsen otomotif. Mau mobil atau sepeda motor, tinggal sebut saja. Kendaraan roda dua sampai roda empat nan keren akan tampil. Termasuk buatan Rolls-Royce, dengan keunikan tersendiri.

Well, dinamai Rolls-Royce Wraith Kryptos, selain mewah, produk satu ini juga dipenuhi teka-teki. Mengapa bisa begitu? Karena si mobil memiliki kode rahasia untuk dipecahkan si empunya.

Rolls-Royce Wraith Kryptos hanya tersedia 50 unit di dunia [Rolls-Royce via ANTARA News].
Rolls-Royce Wraith Kryptos hanya tersedia 50 unit di dunia [Rolls-Royce via ANTARA News].

Dikutip dari kantor berita Antara, sedan Rolls-Royce Wraith Kryptos memiliki inskripsi berbagai kode rumit yang tersembunyi di balik desainnya. Dan produsen pun menantang para pembeli mobil ini untuk memecahkan kode itu. Lebih seru lagi, produk hanya dibuat 50 unit di dunia. Sehingga bila memiliki satu unit, kompetitor pengurai kode rahasia "hanya" ada 49 pengguna lain.

"Nama Kryptos berasal dari bahasa Yunani Kuno, merujuk pada sesuatu yang tak terlihat, tersembunyi dan dilengkapi kode," papar Katrin Lehmann, Desainer Bespoke Rolls-Royce, sebagaimana dikutip kantor berita Antara di laman resmi Rolls-Royce, pada Senin (14/7/2020).

"Sebagai desainer, saya selalu terpesona dengan gagasan bahwa manusia bisa mengkomunikasikan pesan yang hanya dipahami oleh orang tertentu, menggunakan simbol, piktogram, serta sandi," imbuhnya.

Sehingga dalam desain Rolls-Royce Wraith Kryptos, terdapat cipher, yang di dalam ilmu cryptography adalah algoritma berisi data terinkripsi. Nah, tugas sang pemilik adalah memecahkan kode ini.

Jangan bayangkan bahwa kode ini disimpan secara rahasia sehingga pemilik mengalami kesulitan menemukannya. Cipher ini justru terlihat di permukaan dengan desain memikat mata.

Bagi yang tidak jeli, akan menilainya sebagai ornamen estetika. Apalagi tidak memiliki pola untuk dilihat.

"Wraith Kryptos dalam pandangan pertama adalah sebuah pernyataan tentang produk yang dinamis. Jika dilihat lebih dekat, barulah tampak pesan tersembunyi di balik cipher Rolls-Royce yang unik. Saya menunggu-nunggu, apakah di antara pembeli kami ada yang sukses memecahkan kode ini," papar Torsten Muller-Otvos, Chief Executive Officer (CEO) Rolls-Royce Motor Cars.

Sebagai bocoran, saat ini hanya dua orang yang tahu kode rahasia dari cipher Rolls-Royce Wraith Kryptos. Yaitu kepala desain dan CEO Rolls-Royce. Jawabannya ditulis dalam sebuah surat terbungkus amplop yang tersimpan di dalam brankas ruang kerja CEO Rolls-Royce di Goodwood, Chichester, Inggris.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS