Nissan Menunda Penutupan Tiga Pabriknya di Barcelona

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Nissan Menunda Penutupan Tiga Pabriknya di Barcelona
Logo baru Nissan dengan konsep bagian dari alam serta semangat baru [Nissan].

Tangguhkan penutupan pabrik di Spanyol, ini alasan Nissan berikan kesempatan bagi pemerintah setempat lakukan ini.

Suara.com - Nissan Motor Corporation mengumumkan untuk menunda sementara penutupan pabrik yang rencananya diberlakukan di sektor Barcelona, Spanyol.

Ada tiga pabrik milik perusahaan asal Jepang ini yang ditangguhkan untuk tidak ditutup hingga Juni 2021. Dengan demikian jadwal ini mundur enam bulan dari ketetapan sebelumnya.

Nissan ariya yang mengusung logo baru Nissan [Nissan].
Nissan Ariya yang mengusung logo baru Nissan dan disebut-sebut sebagai awal pembaruaan dalam manajemen perusahaan ini [Nissan].

Keputusan untuk menutup tiga pabrik Nissan di Barcelona dan memberhentikan sekitar 3.000 pekerja diumumkan pada Mei lalu. Langkah ini dipilih perusahaan sebagai bagian dari rencana efisiensi perusahaan.

Rupanya, keputusan yang diambil Nissan memicu protes dari para pekerja. Selain itu, pemerintah Spanyol juga berusaha meyakinkan perusahaan agar tetap bertahan.

Selain sepakat menunda penutupan pabrik, Nissan juga memberi isyarat bila perusahaan sepakat memberikan kompensasi bagi pekerja yang diputus kontrak.

"Kesepakatan ini harus dicapai sebelum 30 Juli atau awal Agustus ketika periode negosiasi berakhir," ujar Frank Torres, kepala operasi industri pembuat mobil Jepang di Spanyol, seperti dikutip dari Carandbike.

Sebagai gantinya, tambah Frank Torres, Nissan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja sampai akhir 2020.

Keputusan penundaan Nissan bertujuan memberikan waktu bagi pemerintah Spanyol dalam mencari perusahaan pengganti yang mungkin tertarik menggunakan pabrik yang akan ditinggalkan. Di sisi lain, Nissan juga mencoba melihat alternatif untuk tidak melakukan penutupan pabrik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS