Indonesia Miliki Peluang Jadi Trendsetter Kendaraan Listrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Indonesia Miliki Peluang Jadi Trendsetter Kendaraan Listrik
Ilustrasi isi ulang baterai mobil listrik. (Shutterstock)

Alasan dari Indonesia suatu saat bisa menjadi trendsetter kendaraan listrik adalah bahan baku baterai.

Suara.com - Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebutkan Indonesia berpeluang menjadi trendsetter kendaraan listrik.

Menurut Putu Juli Ardika, hal ini tidak lepas dari potensi sumber daya alam Indonesia yang dapat dikelola menjadi baterai kendaraan listrik dengan nilai tambah memiliki second life atau cadangan.

Sejumlah mobil listrik tengah mengisi ulang baterainya. [Shutterstock]
Sejumlah mobil listrik tengah mengisi ulang baterainya. [Shutterstock]

"Baterai mobil listrik ini mempunyai second life atau nyawa cadangan. Sehingga kita punya kemampuan untuk menjadi trendsetter karena punya bahan energi yang ramah lingkungan," ujar Putu Juli Ardika dalam sebuah Webinar, baru-baru ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan, baterai second life jika dipakai di kendaraan bisa bertahan sampai 10 tahun. Sedangkan biasanya di kendaraan hanya bisa sampai tujuh tahun.

Akan tetapi, sambung Putu Juli Ardika, bila kapasitas baterai sudah turun sampai 80 persen tetap bisa digunakan walaupun tidak efektif lagi. Oleh karena itu, cadangan yang tersimpan biasanya dipakai untuk storage listrik.

"Jadi kita berpotensi mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya dengan menggunakan second life dari baterai itu," ungkapnya.

Dijelaskan Putu Juli Ardika, Indonesia saat ini memiliki beberapa daerah yang mempunyai banyak sumber-sumber daya listrik terbarukan. Di Sumatera Utara ada 4 Gigawatt, Kalimantan Utara ada sekitar 16 gigawatt , dan di Sulawesi tersedia 4-6 gigawatt.

"Tempat lain juga banyak potensinya dan mengembangkan basis listrik terbarukan," tegasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS