Kymco Downtown 250i, Bongsor Namun Bertenaga

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kymco Downtown 250i, Bongsor Namun Bertenaga
Kymco Downtown 250i, skutik bongsor asal Taiwan. Bakal menjadi opsi di tengah skutik kelahiran Jepang [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Bisa jadi alternatif di tengah dominasi skutik Jepang, inilah pengalaman bermotor bersama Kymco Downtown 250i.

Suara.com - Skuter matik (skutik) bongsor 250cc saat ini menjadi model yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Selain tenaga mumpuni, posisi berkendara nyaman menjadi alasan sepeda motor berdesain besar ini begitu digemari.

Pasar Nasional untuk skutik 250cc kini diisi produk pabrikan Jepang seperti Yamaha X-Max dan Honda Forza. Namun terselip di antaranya adalah Kymco Downtown 250i, yang telah dijajal Redaksi Suara.com.

Bagian buritan yang berisi dari Kymco Down Twon 250i [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Bagian buritan yang berisi dari Kymco Down Twon 250i [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Dalam test ride ini, dipandang dari sisi tampilan, memunculkan desain lampu depan meruncing yang terlihat mirip burung hantu. Sistem pencahayaan mengandalkan Lampu DRL berbentuk cincin dan Lampu Sein LED. Namun sayangnya lampu LED belum tersemat pada lampu utama.

Kymco Downtown 250i memiliki dimensi panjang 2.250mm, lebar 780mm dan tinggi 1.310mm. Bobot besar memang membuat motor sedikit berat. Namun tidak begitu berarti ketika dikendarai. Terlebih posisi jok yang lebar membuat perjalanan lebih terasa nyaman.

Untuk mendukung kenyamanan berkendara, motor ditopang suspensi belakang yang mengandalkan double swing dengan lima preload adjustment sehingga bisa disesuaikan keinginan pengemudi.

Kymco Downtown 250i punya handling yang cukup baik. Hal ini sangat terasa pada saat harus melintasi jalanan berliku dan sedikit bergelombang. Selain itu, perjalanan juga bisa lebih nyaman karena motor sudah dilengkapi USB Port untuk charge smartphone pada sisi box sebelah kiri.

Untuk urusan tenaga, Kymco Downtown 250i mengandalkan mesin 246,3cc, bertenaga 17,1 kW/7750 rpm dan torsi maksimal 23,14 Nm/6000 rpm. Bekal tenaga yang disalurkan mesin terasa begitu responsif saat dikendarai. Hasil akhirnya: motor tetap terasa bertenaga meski memiliki bodi bongsor.

Kymco Downtown 250i dijual dengan harga Rp68 juta kondisi on the road DKI Jakarta. Sementara untuk urusan warna, tersedia tiga pilhan, yaitu Pearly Black, Mat Silver Crystal, dan Mat Gray.

Perlu dicatat, motor tadi bisa menjadi alternatif di tengah dominasi skutik 250 cc asal pabrikan asal Jepang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS