alexametrics

Waspada, Mekanik Nakal Perlambat Tugas Ganti Oli

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Waspada, Mekanik Nakal Perlambat Tugas Ganti Oli
Ilustrasi bengkel [Shuttrstock].

Kasus mekanik nakal bisa terjadi di bengkel saat perawatan rutin mobil. Ini contohnya.

Suara.com - Seorang mekanik dealer Honda di San Antonio, Amerika Serikat baru-baru ini tertangkap kamera tengah melakukan perbuatan "nakal". Yaitu memperlambat pekerjaan mengganti oli akibat kesal terhadap pelanggan.

Kejadian ini menjadi perbincangan ramai, saat konsumen bernama Gabriel Rendon memposting aksi mekanik itu ke laman media sosial Facebook. Lewat tayangan video dalam bilangan detik, diketahui bahwa bahwa ia adalah salah satu pelanggan yang membawa mobil ke dealer untuk keperluan ganti pelumas atau oli.

Tiba di lokasi, Gabriel Rendon diterima oleh mekanik yang mengurus penggantian pelumas mobilnya. Petugas itu juga merekomendasikan agar konsumen ini melakukan penggantian minyak rem, minyak transmisi, dan memasang aki baru.

Karena merasa belum membutuhkannya, Gabriel Rendon memberi tahu bila dirinya hanya ingin mengganti oli mesin untuk saat ini. Dan penggantian komponen lain akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

Baca Juga: Ganti Oli Sepeda Motor Harus Rutin Dilakukan, Ini Penjelasannya

Ilustrasi pelumas mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi pelumas mobil. [Shutterstock]

Namun, mekanik dealer mengabaikan pernyataan si empunya mobil dan melakukan penggantian seluruh komponen yang sudah direkomendasikan. Paling pusing tentu saat menerima tagihan. Pihak dealer menyebutkan angka 480 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp7 juta. Padahal mestinya biaya penggantian oli hanya memakan biaya sekitar Rp600 ribu.

Alhasil Gabriel Rendon mempertanyakan kejelasan tagihan dan meminta mekanik agar mengembalikan tunggangannya seperti semula.

Kesalnya, mekanik sepertinya tidak suka dengan penolakan itu dan sengaja memperlambat pekerjaan.

Aksi memperlambat pekerjaan ini rupanya terekam oleh kamera yang terletak di dashboard mobil alias dashcam.

"Kita harus membiarkan ia duduk selama satu jam, karena tamu satu ini benar-benar menyebalkan," demikian ucap si mekanik dalam tayangan video, seperti dikutip dari Carcoops.

Baca Juga: Cara Mekanik Bikin Rambut Ala Artis Korea, Cuma Modal Alat Bengkel

Alhasil Gabriel Rendon benar-benar menunggu hampir satu jam untuk mendapatkan mobilnya kembali. Waktu ini tentu jauh lebih lama daripada waktu yang seharusnya dibutuhkan untuk mengganti oli.

Sehingga tak heran, kelanjutannya adalah posting Gabriel Rendon dengan unggahan rekaman dashcam itu.

Komentar