Isuzu MU-X 4x4 Susul Produk APM Indonesia yang Dikonversi Jadi Ambulans

RR Ukirsari Manggalani
Isuzu MU-X 4x4 Susul Produk APM Indonesia yang Dikonversi Jadi Ambulans
Isuzu MU-X [ANTARA Foto].

Pertahankan pasar dari kontraksi akibat pandemi COVID-19, produk Isuzu dikonversi menjadi ambulans.

Suara.com - Dampak virus Corona di sektor otomotif sangat terasa di seluruh dunia. Di Indonesia, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan retail otomotif nasional sepanjang Januari hingga Agustus 2020 hanya 364.034 unit atau turun 46,4 persen dari periode yang sama tahun lalu yang membukukan 675.263 unit. Strategi paling marak dari Agen Pemegang Merek (APM) roda empat adalah melakukan konversi produk mereka menjadi ambulans. Salah satunya Isuzu MU-X.

Selain itu, telah ada sederet ambulans karya APM seperti Wuling Confero, Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Daihatsu Gran Max, serta Suzuki APV yang dijadikan ambulans.

"Upaya yang kami lakukan adalah penetrasi ke sektor yang tidak terlalu besar terkena dampak COVID-19. Salah satunya sektor yang berhubungan dengan kesehatan," jelas Samuel Pilo, Kepala Wilayah Sulawesi PT Astra International Tbk - Isuzu (Astra Isuzu), sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memperkirakan kinerja industri otomotif mengalami perkembangan positif pada paruh ke dua tahun 2020.

Baca Juga: Viral Keluarga Jenazah Diduga COVID-19 Aniaya Sopir Ambulans, Publik Geram

Ambulans Suzuki APV. (Foto: Antaranews.com)
Ambulans Suzuki APV. Sebagai ilustrasi [ANTARA Foto].

"Di semester pertama 2020, kinerja industri otomotif melambat dibandingkan tahun lalu, tentu ini dampak dari pandemi, namun saya melihat ada perkembangan positif pada paruh ke dua tahun ini," jelasnya.

Adapun produk kategori Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Isuzu, MU-X 4x4 yang diubah menjadi ambulans telah mendapat sambutan dari pasar.

Bulan ini, secara bertahap Astra Isuzu menyerahkan 11 unit ambulans MU-X 4x4 pesanan sejumlah pemerintah daerah di Sulawesi Utara.

Ia menjelaskan, pesanan terbanyak, yakni lima unit diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud untuk program Public Service Center (PSC) 119 di Talaud.

Kepala Cabang Astra Isuzu Manado Elieser Roy Adung mengatakan, pihaknya menawarkan Isuzu MU-X 4x4 untuk dijadikan ambulans kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud karena kondisi medan di wilayah itu cukup ekstrem.

Baca Juga: Terulang Lagi! Mobil Pribadi Halangi Ambulans, Data Nopol Jadi Sorotan

Untuk melayani puskesmas di pelosok-pelosok dibutuhkan produk tangguh. Oleh karena iitu, pilihan yang diberikan Isuzu MU-X dengan mesin 4JK1-TC Hi-Power commonrail yang sangat bertenaga tetapi irit bahan bakar, serta diakui keandalannya di semua medan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS