Cara Setting Ganjil - Genap di Google Maps

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cara Setting Ganjil - Genap di Google Maps
Ilustrasi aplikasi Google Maps pada sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]

Pengguna kendaraan bisa mencari rute alternatif melalui aplikasi Google Maps.

Suara.com - Kendaraan yang suka tidak mematuhi aturan ganjil-genap akan dikenakan sanksi oleh petugas, yakni dikeluarkan dari jalur. Aturan ini berlaku hanya untuk kendaraan pribadi beroda empat atau lebih.

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna kendaraan bisa mencari rute alternatif melalui aplikasi Google Maps. Dikutip dari GardaOto, Sabtu (26/9/2020), berikut cara menggunakan fitur ganjil-genap di Google Maps :

1. Masukkan Lokasi yang menjadi Tujuan

Sama seperti penggunaan pada biasanya, masukkan lokasi dan tempat yang menjadi tujuan. Lalu, pilih menu directions yang ada di bagian bawah.

Baca Juga: Kebijakan Transportasi Anies Dikritik, Disebut Cuma Buat Corona Meroket

2. Pilih Moda Transportasi

Dalam aplikasi Google Maps, ada beberapa pilihan pada moda transportasi. Seperti mobil, motor, kendaraan umum, berjalan kaki, dan juga transportasi berbasis online.

Ilustrasi kemacetan di Google Maps. [Shutterstock]
Ilustrasi Google Maps. [Shutterstock]

Pilihlah mobil yang berada di bagian depan pilihan. Nanti akan muncul saran rute mana saja yang bisa digunakan untuk berkendara dengan mobil.

3. Masukkan Pengaturan Bagian Plat Nomor

Ada dua cara untuk mengatur plat nomor. Pertama, ada di bagian bawah pada pilihan moda transportasi akan ada menu yang tulisannya ‘Avoiding odd plate roads’ atau ‘Avoiding even plate roads’.

Baca Juga: Aplikasi Google Maps akan Tampilkan Peta Statistik Covid-19

Dua pilihan tulisan tersebut itu akan muncul tergantung pada settingan yang dipilih. Jika Anda klik, maka akan muncul pilihan apakah pengguna akan menggunakan plat ganjil atau genap.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS