alexametrics

3 Cara Ambil Kunci Mobil Tertinggal di Kabin, Nomor 3 Pakai Bola Tenis

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
3 Cara Ambil Kunci Mobil Tertinggal di Kabin,  Nomor 3 Pakai Bola Tenis
Ilustrasi bola tennis [Envato Elements/chones].

Bisa digunakan saat kepepet ketinggalan kunci di mobil. Namun bukan jadi acuan untuk lakukan tindak kejahatan.

Suara.com - Pernah mengalami kejadian begini: pusing mondar-mandir mencari akal di sebelah mobil kesayangan saat berada di sebuah tempat, karena kunci kendaraan tertinggal di dalam? Saat-saat tidak disengaja ketika pintu tertutup, sementara kunci cadangan disimpan di rumah?

Jangan panik terlebih dahulu, ada trik tersendiri saat menghadapi situasi seperti ini.

Mengutip GardaOto, setidaknya ada tiga cara yang dapat dicoba untuk mengambil kunci yang mobil tertinggal di dalam.

Berikut tipsnya:

Baca Juga: Mobil Supercar Hybrid McLaren Meluncur Awal 2021

Ilustrasi kunci mobil untuk pembayaran. [Shutterstock]
Ilustrasi kunci mobil [Shutterstock]

1. Gunakan kawat

  • Membuka pintu dengan menggunakan kawat adalah salah satu cara yang paling lazim dilakukan. Selain sudah umum digunakan, kawat cukup mudah ditemukan.
  • Pertama, siapkan kawat cukup panjang lalu bentuk semacam pengait atau kail pada salah satu ujungnya.
  • Kedua, masukkan kawat telah disiapkan tadi melalui pembatas antara pintu mobil dan kaca jendela. Setelah itu, cobalah untuk meraih tuas pintu mobil yang dengan pengait ini.
  • Ketiga, cobalah untuk menggerakkan tuas pintu mobil dengan menarik atau mendorongnya dengan kawat. Bila berhasil, maka pintu mobil akan bisa dibuka kembali.

2. Gunakan penggaris besi atau sejenisnya

  • Cara yang kedua ini prinsipnya sama dengan cara pertama, yakni menggerakkan tuas melalui celah antara pintu dan jendela mobil. Selain itu, prosedurnya juga hampir sama tapi lebih praktis.
  • Pertama, masukkan penggaris pada celah antara kaca jendela dengan pintu mobil. Kedua, dorong tuas kunci pada pintu mobil untuk menggerakkannya. Walau cukup sering digunakan, cara ini juga tidak terlalu mudah. Oleh karena itu, harus bersabar dan teliti dalam melakukannya.

3. Gunakan bola tenis

  • Cara ini tergolong paling praktis, tapi agak mahal dari segi biaya karena memerlukan bola tenis, obeng, dan juga lilin.
  • Pertama, panaskan obeng dengan menggunakan lilin yang menyala. Setelah obeng menjadi panas, tusuk bola tenis yang sudah dipersiapkan dengan obeng tadi.
  • Berikutnya, arahkan bagian bola yang telah dilubangi ke lubang kunci. Tekan bola kuat-kuat hingga kempes, tujuannya adalah supaya udara yang ada dalam bola tenis menekan bagian dalam lubang kunci. Ulangi langkah ini hingga pintu mobil terbuka.

Itulah beberapa yang bisa dilakukan untuk mengakali pintu mobil yang tidak sengaja terkunci dari dalam. Beberapa cara di atas sudah terbukti dan banyak digunakan oleh bengkel-bengkel mobil yang pernah mendapati masalah seperti ini.

Perlu diingat, bahwa tujuan cara ini adalah untuk mengatasi masalah dan bukan untuk digunakan untuk melakukan tindak kejahatan.

Baca Juga: Toyota dan Panasonic Sepakat Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Komentar