alexametrics

Desain Kisi-kisi Moncong Mobil Dikritik, BMW Maju Terus

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Desain Kisi-kisi Moncong Mobil Dikritik, BMW Maju Terus
Tampilan mobil BMW The New X1 yang diluncurkan di Jakarta, Jumat (1/11/2019). Sebagai ilustrasi desain grille dan kisi-kisi sebelumnya [Suara.com/Arya Manggala]

Dahulu desain grille produk BMW disebut unik, kini terlalu raksasa menurut beberapa pihak.

Suara.com - Salah satu item menonjol dari produk kendaraan roda empat BMW adalah bagian grille dengan kisi-kisi yang disebut kidney-shaped, karena kisi-kisinya mirip ginjal. Kekinian, dimensinya semakin besar bahkan ada yang menyebut sebagai bentuk raksasa.

Meski demikian, Domagoj Dukec, Kepala Desain BMW mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan desain kisi-kisi yang mencolok walau dihujani kritik.

Paling kentara adalah saat launching produk BMW Seri 4 Coupe tahun lalu. Ujud grille dianggap terlalu besar dan aneh. Akhirnya, desain yang ditawarkan BMW memicu perdebatan hangat.

Menanggapi hal ini, Domagoj Dukec mengatakan tujuan mereka tak lain adalah untuk menjangkau beberapa pelanggan. Akan tetapi, tentu saja sebuah desain tidak selalu bisa menyenangkan semua orang.

Baca Juga: Pakai Helm Bentuk Perabot Dapur, Aksi Pasangan Ini Menghibur Pengguna Jalan

Desain terkini dari kisi-kisi grille BMW [Auto Express].
Desain terkini dari kisi-kisi grille BMW [Auto Express].

"Jika Anda berada dalam bisnis ini, Anda tahu bagaimana desainnya. Setiap hari Anda berbicara dengan orang di dalam, dan di luar perusahaan dan setiap orang memiliki pendapat, serta selera yang berbeda. Jika Anda ingin membuat sesuatu yang benar-benar menonjol, harus dibedakan dan itu artinya tidak sama," papar Domagoj Dukec, dikutip dari AutoExpress.

Ia menambahkan, dirinya tidak terkejut dengan kritik yang dilontarkan atas desain kisi-kisi pada grille BMW. Tapi pihaknya tetap melakukan evaluasi dan proses analisis di departemen desain.

"Kami menanganinya dengan cara yang sama seperti klinik pelanggan. Kami telah memasukkannya ke dalam proses desain," sambung Adrian van Hooydonk, Wakil Presiden Senior Desain BMW.

Terlepas dari gelombang kritik terhadap arah desain BMW, para petinggi perusahaan baru-baru ini menjelaskan bahwa belum ada pemikiran ulang tentang arah desain kisi-kisi BMW bagi model mendatang.

Baca Juga: Absen Tahun Lalu, Mobil Listrik BMW Siap Meluncur Tahun Ini

Komentar