alexametrics

Pasokan BBM di Tol Trans Jawa, Pertamina Antisipasi Pakai Mobil Siaga

RR Ukirsari Manggalani | Achmad Fauzi
Pasokan BBM di Tol Trans Jawa, Pertamina Antisipasi Pakai Mobil Siaga
Kios Pertamina Siaga. Gambar diambil jauh sebelum pandemi Covid-19 [Pertamina]

Ada Larangan Mudik 2021, Pertamina tetap memiliki langkah antisipasi.

Suara.com - Apakah Mobil Siaga Pertamina yang disebar di Tol Trans Jawa? Definisinya adalah mobil pembawa Bahan Bakar Minyak atau BBM kemasan. Tujuannya mengantisipasi apabila ada pengguna jalan tol yang mengalami kehabisan bensin.

Well, rupanya PT Pertamina (Persero) tetap menyiagakan fasilitas penyaluran BBM khususnya di Tol Trans Jawa, wilayah Jawa Bagian Tengah, meski diberlakukan Larangan Mudik 2021. BBM kemasan yang dibawa Mobil Siaga menjadi antisipasi bagi konsumen yang mengalami kehabisan BBM di tengah jalan tol.

Peresmian Pertashop di Pekalongan. [Dok Pertamina]
Peresmian Pertashop di Pekalongan. Sebagai ilustrasi [Dok Pertamina]

Selain itu, ia menyatakan dalam rangka Lebaran 2021, Pertamina juga menyiagakan motoris Pertamina, jika suatu waktu dibutuhkan untuk melayani pengisian BBM di dalam tol saat terjadi antrean.

"Apabila dibutuhkan, motoris Pertamina yang sehari-hari bertugas dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS) juga akan kami kerahkan untuk memecah antrean pada saat pengisian BBM di setiap SPBU Tol Trans Jawa," lanjutnya.

Dalam skala lebih besar, Pertamina juga menyiapkan stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh dan ditempatkan di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan. Istilahnya untuk mobil tangki ini adalah istilah SPBU Kantong.

Baca Juga: Larangan Mudik 2021, Organda Apresiasi Kepolisian Tangkap Travel Gelap

Untuk Lebaran 2021, Brasto Galih Nugroho mengatakan bahwa ada tujuh lokasi SPBU reguler yang tersedia di Tol Trans Jawa antara KM 252 hingga KM 519. Detailnya:

  • Tiga SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya), yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519
  • Empat SPBU di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), yaitu di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260

Ia mengatakan bahwa seluruh SPBU reguler akan disiagakan dengan stok penuh untuk mengantisipasi adanya kebutuhan pengisian BBM. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan layanan pengisian tambahan di beberapa titik rest area yang lain.

"Untuk beberapa titik rest area yang tidak ada SPBU, kami juga menyiapkan layanan pengisian tambahan berupa delapan unit Pertashop dan SPBU modular. Empat di antaranya di Ruas Tol A, yaitu di KM 252, KM 275, KM 456, dan KM 519. Sementara empat titik lainnya di Ruas Tol B, antara lain di KM 519, KM 456, dan KM 294" pungkas Brasto Galih Nugroho.

Komentar