alexametrics

IOF Gelar Off-Road South Celebes ORX 2021 yang Membawa Misi Kemanusiaan

RR Ukirsari Manggalani
IOF Gelar Off-Road South Celebes ORX 2021 yang Membawa Misi Kemanusiaan
Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melepas peserta ORX 2021 di Gowa, Sulsel, Kamis (3/6/2021) [Humas Pemprov Sulsel via ANTARA]

Melewati lima kabupaten, gelaran off-road ini siap petakan kawasan terisolir sampai wisata.

Suara.com - Indonesia Off-road Federation (IOF) Sulawesi Selatan atau IOF Sulsel menggelar "South Celebes Open Road Expedition 2021" atau disingkat "South Celebes ORX 2021". Pesertanya mencapai seratusan, dan berasal dari berbagai daerah di sekitar provinsi ini.

Para peserta yang menunggang sepeda motor trail maupun kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) spesifikasi off-road itu membawa misi kemanusiaan dan lingkungan hidup. Mereka akan melintasi lima kabupaten dengan rute Kabupaten Gowa - Takalar - Bone - Sinjai - Soppeng, menempuh jarak sekitar 350 km.

Dikutip dari kantor berita Antara, Andi Sudirman Sulaiman, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel berharap agar partisipan pulang membawa informasi pemetaan titik daerah terisolir maupun wisata. Sehingga kelak bisa menjadi bahan untuk ditindaklanjuti.

Ilustrasi ban mobil yang melaju di medan off-road (Shutterstock).
Ilustrasi medan off-road (Shutterstock).

Di Gowa, Kamis (3/6/2021) Plt Gubernur Sulsel mengatakan bahwa informasi pemetaan tadi bisa menjadi bahan masukan bagi Pemprov Sulsel dalam hal akses jalan terisolir maupun eksplorasi wisata.

Baca Juga: Selain Wisata Otomotif Bali, IOF Gerakkan Perjalanan Off-Road

ORX kali ini adalah yang ketujuh kalinya, dan di edisi-edisi sebelumnya sudah berperan memberikan informasi mengenai akses jalan terisolir. Salah satunya yang telah dirintis Pemprov Sulsel yakni ruas jalan Takkalasi (Barru) - Lawo (Soppeng).

"Kegiatan ini, para off-roader seperjuangan berada di ruas jalan itu luar biasa. Harapan kami mereka touring untuk promosi wisata, bakti sosial dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan," papar Andi Sudirman Sulaiman.

"Pesan saya jaga kesehatan, protokol kesehatan, jaga ketertiban di jalan, jaga keselamatan, jaga kekompakan, serta menjaga lingkungan," ungkapnya saat melepas peserta "South Celebes Open Road Expedition 2021" didampingi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Komentar