alexametrics

Bersihkan Mobil Berkarat, Bisa Pakai Soda Kue dari Dapur

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bersihkan Mobil Berkarat, Bisa Pakai Soda Kue dari Dapur
Pemeriksaan bagian kendaraan dan menemukan karat mobil [Envato Elements/mstandret].

Ini beberapa bahan dari dapur yang bisa digunakan mengusir karat.

Suara.com - Tidak sedikit pengguna mobil yang pusing saat karat sudah mulai muncul di beberapa bagian mobil. Hasil dari oksidasi logam dengan unsur alam seperti air dan udara  sehingga terjadi korosi atau proses pengkaratan ini sebenarnya bisa dihilangkan dengan beberapa bahan-bahan dari dapur.

Untuk melakukan tindakan pencegahan dan menghilangkan karat dengan langkah yang benar, berikut beberapa tips yang dikutip dari Wuling Indonesia.

Bahan-bahan ini bisa ditemukan di lemari es atau lemari persediaan bahan makanan dapur. Antara lain adalah lemon, cuka, serta pengembang kue atau soda kue alias baking soda.

Ilustrasi baking soda (Pixabay/DominicSchraudolf)
Ilustrasi baking soda (Pixabay/DominicSchraudolf)

Berikut tips menghilangkan karat menggunakan bahan-bahan dapur:

Baca Juga: Genre Otomotif, "F9" Menjadi Film Terbesar Hollywood Masa Pandemi Covid-19

Cuka

  • Apabila tanda-tanda karat sudah mulai terlihat, bisa menghilangkan karat dengan menggunakan cuka. Kandungan asam asetat dan asam sitrat sangat efektif menyingkirkan karat.
  • Langkahnya adalah membongkar bagian yang terkena karat dan rendam dengan air cuka selama 1-2 hari.
  • Apabila karat masih terlihat, lanjutkan perendaman hingga karatnya hilang.Juga bisa menggunakan sikat untuk hasil yang lebih efektif.

Lemon atau Jeruk Nipis

  • Lemon atau jeruk nipis tidak hanya efektif untuk menghilangkan noda di baju. Kandungan dalam buah lemon juga sangat efektif untuk menghilangkan karat pada mobil dengan cara yang cukup mudah.
  • Langkah yang harus dilakukan adalah menaburi bagian yang berkarat dengan garam lalu rendam dalam air lemon atau jeruk nipis.
  • Bisa menggunakan sikat atau penggosok alumunium untuk hasil lebih efektif.

Baking Soda

  • Bahan aktif dalam baking soda ternyata sangat ampuh untuk menyingkirkan berbagai macam noda termasuk juga menyingkirkan karat dari mobil.
  • Cara menghilangkan karat menggunakan baking soda juga terbilang cukup mudah. Cukup menyikat bagian karat pada mobil dengan air yang sudah dicampur baking soda. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang lebih baik.

Rust Remover

  • Selain menggunakan cuka, lemon dan baking soda, juga bisa menggunakan rust remover yang merupakan cairan khusus untuk menghilangkan karat dengan cara yang mudah. Yang satu ini tentunya bukan termasuk bahan dapur akan tetapi produk khusus tersedia di berbagai kios otomotif.
  • Langkah yang harus dilakukan adalah merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga delapan jam (tergantung usia karat) lalu bersihkan menggunakan sikat besi.
  • Harga rust remover yang berkualitas berkisar antara Rp100.000 - Rp150.000 untuk 1L.

Baca Juga: Tips Merawat Rantai Motor, Perhatikan Hal Penting Berikut Ini

Komentar