alexametrics

Pasar Mobil Bekas Stagnan di Masa PPKM Level 4, MPV dan SUV Tetap Primadona

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Pasar Mobil Bekas Stagnan di Masa PPKM Level 4, MPV dan SUV Tetap Primadona
Penjual mobil menunggu pembeli di showroom penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Kondisi kekinian membuat konsumen menangguhkan keinginan menjual pun membeli. Namun pasar MPV dan SUV tetap ada.

Suara.com - Pasar mobil bekas atau mobkas menjadi salah satu segmen yang turut merasakan dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), termasuk perkembangan terbaru yaitu PPKM Level 4.

Delly Nugraha, Country Head Carsome Indonesia menyatakan hal ini. Yaitu seputar kondisi pasar mobil bekas yang cukup stagnan atau tidak bergerak bebas di masa pengurangan mobilitas anggota masyarakat untuk menekan laju pandemi COVID-19.

Di masa inilah, niat orang untuk menjual mobil terjadi penurunan. Begitu juga dengan yang hendak membeli mobil bekas.

"Mungkin bukan mereka tidak mau. Tapi akhirnya memilih untuk menahan terlebih dahulu, karena mungkin tidak nyaman melakukan transaksi selama adanya PPKM," ujar Delly Nugraha, dalam sesi bincang virtual baru-baru ini.

Baca Juga: Model Terbaru Jeep Bakal Mengandalkan Tenaga Listrik Murni?

INFOGRAFIS: PPKM Level 4 Jawa-Bali
INFOGRAFIS: PPKM Level 4 Jawa-Bali

Ia menambahkan, mungkin ada konsumen yang tadinya berniat membeli mobil akhirnya juga ikut menunda untuk sementara waktu.

Hal ini sebenarnya sudah terjadi juga selama masa PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Jadi bisa dikatakan kondisi kekinian adalah situasi yang berulang.

"Jadi baik menjual atau membeli mobil selama PPKM, keduanya dalam kondisi yang tidak baik-baik saja," terangnya.

Saat ditanyai model apa yang masih banyak diburu konsumen selama masa PPKM, pimpinan Carsome Indonesia ini menyatakan bahwa model terlaris masih tetap ada dalam genggaman MPV dan SUV.

"Selama 2021 ini, model yang paling laris masih dari model MPV dan juga kendaraan SUV baik yang kompak maupun yang besar-besar," jelasnya dalam sesi virtual conference, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Bepergian Rutin Pakai Kendaraan Pribadi? Ini Aturan Perjalanan di Masa PPKM Level 4

"Kalau MPV itu antara lain model Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina, banyak yang minat. Lalu, kalau dari SUV model kompak Honda HR-V, lebih besar sedikit ada Honda CR-V, dan Toyota Fortuner. Jadi, model MPV dan SUV masih jadi primadona sampai saat ini," pungkasnya.