alexametrics

Hyundai Staria Tak Akan Gantikan Hyundai H-1 di Indonesia

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hyundai Staria Tak Akan Gantikan Hyundai H-1 di Indonesia
Hyundai Staria berpenampilan futuristik [PT HMID].

Hyundai Staria disebut sebagai MPV premium di Indonesia.

Suara.com - PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) pada Jumat (20/8/2021) meluncurkan Hyundai Staria di Tanah Air. Meski demikian pabrikan asal Korea Selatan ini memastikan bahwa Hyundai H-1 masih akan dijual meski berada di segmen yang mirip dengan Staria.

Sales Director PT HMID, Erwin Djajadiputra, mengatakan meski memiliki dimensi yang sama-sama besar, Staria dan H-1 menggunakan platform yang berbeda.

"Ini dua platform yang berbeda. Staria lebih ke MPV premium," ujar Erwin, saat peluncuran Hyundai Staria secara virtual, baru-baru ini.

Dari tampilan Hyunda Staria punya bentuk seperti pesawat ruang angkasa, desain eksterior yang mulus terinspirasi dari kurva cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa.

Baca Juga: Hanya Punya Mesin Diesel, Hyundai Staria Diklaim Sesuai Kebutuhan Indonesia

Sementara soal dimensi, lebar keseluruhan Hyundai Staria adalah 1.997 mm dan jarak tapak roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm.

Hyundai Staria juga memberikan kesan lapang bagi penumpangnya karena memiliki panjang 5.253 mm dengan jarak antar sumbu roda atau wheel-base sepanjang 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread sepanjang 1.732 mm.

Sebagai sebuah MPV Premium, Hyundai Staria tentu memiliki keunggulan dari sisi bangku penumpang. Tipe Signature 7 dilengkapi tujuh kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis dan digeser untuk kemudahan akses atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

Fitur penghangat dan pendingin kursi di baris kedua pada Signature 7 dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang, dan masing-masing terdiri dari tiga level.

Untuk tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Baca Juga: Jalan-jalan Bareng Keluarga di Bali, Kini Ada Opsi MPV Premium Hyundai Staria

Karena fungsinya ini, tipe Signature 9 juga dapat dioptimalkan untuk kendaraan perusahaan atau dijadikan sebagai tempat pertemuan bisnis di dalam mobil.

"Jadi memang ini (Staria) lebih untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang membutuhlan kenyamanan," tegas Makmur, Chief Operating Officer PT HMID.

Di Indonesia, Hyundai Staria tersedia dalam dua varian, yaitu Signature 7 penumpang dan Signature 9 penumpang. Harganya sendiri dipatok mulai dari Rp 888 juta sampai Rp 1,020 miliar on the road DKI Jakarta.

Komentar