alexametrics

Benarkah Toyota Tengah Menyiapkan Vios Versi Hybrid?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Benarkah Toyota Tengah Menyiapkan Vios Versi Hybrid?
Toyota Vios. Sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Nantinya, Toyota Vios ini akan digarap dengan DNGA. Bukan TNGA?

Suara.com - Belum lama ini, Toyota dikabarkan sedang mengembangkan salah satu produknya, Toyota Vios generasi terbaru dengan powertrain hybrid.

Berdasarkan laporan dari Auto Industriya,Toyota Vios generasi berikutnya akan diluncurkan di Thailand pada Agustus 2022. Kemudian, versi hybrid akan diluncurkan Agustus 2023.

Hal ini terungkap dari kode Toyota Vios generasi terbaru yang sudah terdaftar sebagai D92A. Yaitu model dengan format penamaan dari Daihatsu.

Mengapa menggunakan kode Daihatsu ?

Baca Juga: Penjualan Global Toyota Alami Peningkatan, Namun Krisis Chip Tak Terhindarkan

Pasalnya pengerjaan Vios oleh Daihatsu akan dilakukan melalui perusahaan internal Toyota-Daihatsu bernama Emerging-market Compact Car Company (EMCC).

EMCC dibentuk oleh kedua perusahaan pada 2016 dengan tujuan mengembangkan mobil kompak untuk grup Toyota Motor yang lebih luas dengan kode D92A.

Sementara mitra lokal Daihatsu, Perodua telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menjadi pusat R&D untuk wilayah Asia Tenggara. Toyota Vios generasi berikutnya diperkirakan akan dikembangkan menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) seperti Perodua Ativa dan Perodua Alza.

Toyota Avanza siap diekspor ke Timur Tengah. (Dok. Daihatsu Astra Motor)
Toyota Avanza siap diekspor ke Timur Tengah dan dibuat oleh Daihatsu. Sebagai ilustrasi pembuatan produk bersama Daihatsu - Toyota (Dok. Daihatsu Astra Motor)

DNGA adalah versi TNGA Toyota yang lebih murah dan sederhana. Namun sejauh ini belum ada informasi detail terkait Toyota Vios hybrid.

Hanya diperkirakan model generasi berikutnya tidak akan mendapatkan sistem full-hybrid seperti Toyota Prius. Sebagai gantinya, Vios Hybrid akan mendapatkan sistem mild-hybrid (MHEV) yang lebih sederhana.

Baca Juga: Masa Pandemi COVID-19, Lebih Banyak Pembelian Mobil Secara Cash atau Non-Tunai?

Komentar