alexametrics

Berkendara Memboncengkan Anak, Ini Tips Mengemudikan Motor Buat Para Ibu

RR Ukirsari Manggalani
Berkendara Memboncengkan Anak, Ini Tips Mengemudikan Motor Buat Para Ibu
Ilustrasi perempuan berkendaraan sepeda motor [PT YIMM].

Tampil tangguh dan keren, begini cara kaum Hawa memboncengkan anak serta beraktivitas naik motor.

Suara.com - Sepeda motor menjadi salah satu peranti transportasi praktis bagi siapa saja. Termasuk kaum perempuan. Mulai mengantar kegiatan sekolah, kuliah, bekerja, hingga urusan rumah tangga. Seperti antar jemput anak sekolah atau berbelanja.

Nah, di antara jajaran pilihan kendaraan roda dua untuk keperluan ini, sepeda motor transmisi otomatis atau motor matik banyak digunakan.

"Sebagai salah satu produsen sepeda motor, menjadi kewajiban kami untuk aktif dalam memberikan pemahaman terkait teknik berkendara yang tepat untuk mendukung kemudahan penggunaan sepeda motor, khususnya bagi kaum perempuan," papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relation & Yamaha Riding Academy (YRA), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam rilisnya sebagaimana diterima Suara.com.

Perempuan naik motor. [Twitter]
Perempuan naik motor memboncengkan anak. Sebagai ilustrasi [Twitter]

Ia menambahkan, Yamaha sendiri juga memiliki produk Yamaha Gear 125 yang siap mendukung kegiatan kaum Hawa. Praktis dan efisien dengan berbagai keunggulan, inilah tips yang siap dibagi bagi pengguna sepeda motor matik.

Baca Juga: Best 5 Oto: Jonatan Christie di Atas Triumph, Anak Sekolah Dijemput Hyundai Staria Kinder

"Semoga semakin mempermudah dan menambah wawasan baru bagi seluruh pengguna sepeda motor, khususnya para wanita," harap Antonius Widiantoro.

Tips mengaspal seru bagi kaum perempuan:

  • Pastikan perlengkapan berkendara, seperti membawa dokumen berkendara (STNK, SIM, KTP) serta menggunakan pakaian yang nyaman dan tertutup (masker, sarung tangan, jaket, helm tertutup, sepatu) untuk menghindari polusi, udara dingin atau panas, serta cedera saat berkendara.
  • Bila membawa barang letakkan di bagasi atau bagian depan motor (dengan bantuan double hook). Hindari meletakkan barang di atas tangki bahan bakar karena dapat menutup saluran pernapasan tangki dan bisa membuat mesin tidak bisa dihidupkan.
  • Bagi yang merasa takut lelah saat menghadapi kemacetan dan lintasan jalan menanjak, karena mesti menarik rem terus-menerus, gunakan fitur Smart Lock System. Tujuannya menahan motor berhenti di jalan menanjak sehingga pengendara tidak perlu menarik rem secara terus-menerus. Juga mampu menahan motor lebih stabil ketika parkir di tempat yang tidak rata.
  • Turunkan kecepatan ketika ketika melewati jalan rusak, hindari jalan berlubang dan genangan air. Saat menghindar, pastikan tidak mengganggu kendaraan lain di belakang.
  • Bagi pengendara yang seringkali lupa lokasi parkir sepeda motor, dapat memanfaatkan fitur Answer Back System, berkemampuan menemukan lokasi parkir dalam radius 20 m.
  • Apabila berkendara dengan membawa anak, pastikan posisi kaki anak berada di bagian pijakan kaki anak yang telah disediakan. Selain faktor keamanan, pijakan kaki anak ini membuat kakinya tidak mengalami kelelahan.

Komentar