alexametrics

Soal Kendaraan Listrik: Indonesia Terapkan Fair Play Bagi Semua Pelaku Industri Otomotif

RR Ukirsari Manggalani
Soal Kendaraan Listrik: Indonesia Terapkan Fair Play Bagi Semua Pelaku Industri Otomotif
Smartscooter, sepeda motor listrik pertama di dunia dengan teknologi baterai bongkar pasang dari Gogoro. Sebagai ilustrasi (Gogoro.com).

Selain ada Hyundai, LG, dan CATL, kekinian disebutkan Foxconn tertarik gandeng Gogoro dan bangun pabrik di Indonesia.

Suara.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan Indonesia di posisi fair play. Atau menerapkan sikap adil dalam mendukung industri otomotif yang masuk, khususnya terkait pengembangan kendaraan listrik dan ekosistemnya.

Dikutip dari kabtor berita Antara, hal itu disampaikan Bahlil Lahadalia menyusul rencana Hon Hai Precision Industry (Foxconn) untuk berinvestasi di industri baterai dan kendaraan listrik di Tanah Air.

"Kemarin saya baru pulang dari Taiwan. Foxconn kemungkinan besar akan masuk untuk investasi, baik dari mobil, motor, dan baterai. Tetapi saya ingin mengatakan bahwa Indonesia pada posisi fair play. Kami tetap akan mendukung semua industri otomotif yang masuk," jelasnya dalam "Peluncuran Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Indonesia" yang dipantau secara daring dari saluran YouTube Kemenko Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Ilustrasi pabrik Foxconn. [Foxconn]
Ilustrasi pabrik Foxconn. [Foxconn]

"Kami tetap akan mendukung semua industri otomotif yang masuk. Yang betul-betul konsepnya saling menguntungkan kepada semua, baik kepada pelaku UMKM, maupun kepada negara. Sudah barang tentu kepada para investor yang lain," imbuh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini.

Baca Juga: Berdasar Data Gaikindo, Ini Pencapaian Penjualan Mobil Listrik di Indonesia

Pemerintah terus mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini sudah ada beberapa investor yang telah dan akan merealisasikan investasinya, di antaranya Hyundai, LG, hingga CATL.

Foxconn berencana membangun industri baterai listrik dan kendaraan listrik roda empat dan roda dua di Tanah Air.

Rencana Foxconn disampaikan dalam pertemuan dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di Taipei, Taiwan, Jumat (22/10/2021).

Khusus kerja sama mengenai untuk skuter listrik roda dua, Foxconn akan menggandeng Gogoro yang telah berpengalaman dalam mengembangkan skuter listrik.

Gogoro selaku pionir dalam penyediaan infrastruktur sistem pertukaran baterai di Taiwan dan kendaraan listrik roda dua, akan turut bekerja sama dalam melengkapi rencana investasi Foxconn.

Baca Juga: MG Siapkan Tiga Produk Baru di GIIAS 2021, Salah Satunya Mobil Listrik

Komentar