alexametrics

Hindari Selip di Musim Hujan, Begini Teknik Pengereman Sepeda Motor yang Benar

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hindari Selip di Musim Hujan, Begini Teknik Pengereman Sepeda Motor yang Benar
Pengerem empat jari di musim hujan, sebagai ilustrasi [Dok PT Astra Honda Motor].

Pantang menurunkan kecepatan beruntun, namun mesti bertahap. Begitu pula posisi jari-jari saat mengerem.

Suara.com - Teknik pengereman motor yang benar menjadi salah satu faktor penentu agar terhindar dari kecelakaan saat harus berkendara di musim hujan.

Apabila tidak dilakukan dengan teknik yang benar, ban bisa selip dan tentunya berbahaya bagi keselamatan.

Seperti dikutip dari laman Wahana Honda, teknik mengemudi di musim hujan perlu dipahami. Mulai mengerem dengan empat jari sampai melepas handle gas.

Pengendara motor berkendara di tengah hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Tangerang, Banten, Rabu (27/10/2021).  ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pengendara motor berkendara di tengah hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Tangerang, Banten, Rabu (27/10/2021). Sebagai ilustrasi [ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal].

Berikut ini adalah teknik pengereman motor yang benar saat berkendara di musim hujan selengkapnya:

Baca Juga: IMI dan Hyundai Tandatangani MoU, Kembangkan Ekosistem Sepeda Motor Listrik

Menggenggam setang dengan kuat

Hal pertama yang penting dilakukan ketika mengendarai motor di tengah hujan adalah memegang setang dengan erat. Dengan cara ini, bisa mencegah selip. Selain itu, perhatikan juga postur agar tubuh bisa memberi refleks yang baik ketika nyaris tergelincir.

Melepas handle gas

Saat hendak menurunkan kecepatan motor di jalan yang licin dan basah akibat hujan, yang harus dilakukan adalah melepas handle gas. Dengan cara ini laju motor bisa berhenti segera.

Jangan sampai mengerem, tapi tetap ngegas. Kalau masih sambil ngegas, rem tidak akan mempan.

Baca Juga: Tips Berkendara saat Hujan, Perhatikan Kondisi Tubuh dan Gaya Berkendara

Menurunkan kecepatan secara bertahap

Turunkan kecepatan dan lakukan pengereman secara bertahap. Bila dilakukan sekaligus, risiko terjadinya selip pun meningkat. Sebisa mungkin amati kondisi jalan terlebih dahulu. Jika kondusif dan cukup sepi, maka cara ini relatif aman untuk dilakukan.

Melakukan pengereman dengan empat jari

Pakailah keempat jari tangan kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Laju motor bisa berkurang atau dihentikan secara optimal, melalui teknik yang satu ini.

Termasuk ketika sedang berkendara di jalan yang licin dan basah. Dengan melakukan pengereman menggunakan empat jari ini bisa terhindar dari kemungkinan tergelincir.

Tidak memakai rem belakang

Ternyata melakukan pengereman dengan rem belakang dalam kondisi jalanan yang licin dan basah, malah bisa membuat risiko tergelincir jadi meningkat. Terutama di tikungan.

Selain mempelajari cara melakukan pengereman yang aman, jangan lupa periksa tekanan ban sebelum berkendara. Pastikan sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Dengan tekanan angin yang pas, ban tidak akan kehilangan daya cengkeramnya ketika melalui jalanan yang licin maupun basah akibat hujan.

Komentar