facebook

Berpotensi Korsleting, Audi Tarik Nyaris 300 Ribu Unit Kendaraan

Bimo Aria Fundrika | Manuel Jeghesta Nainggolan
Berpotensi Korsleting, Audi Tarik Nyaris 300 Ribu Unit Kendaraan
Logo Audi [shuterstock]

Dalam keterangannya, Audi mengatakan jika terdapat cairan tumpah di kursi belakang, ada kemungkinan cairan itu akan masuk ke modul kontrol.

Suara.com - Hampir 300.000 unit model Audi Q5 , SQ5, dan Q5 Sportback harus ditarik kembali atau recall di Amerika Serikat karena berpotensi mengalami arus pendek jika terjadi tumpahan di kabin bagian belakang.

Dalam keterangannya, Audi mengatakan jika terdapat cairan tumpah di kursi belakang, ada kemungkinan cairan itu akan masuk ke modul kontrol. Selain itu tidak menutup kemungkinan air bisa masuk ke modul kontrol saat mobil melewati genangan air atau saat hujan deras.

Jika air masuk ke modul, hal ini bisa menyebabkan korsleting dan berbagai kesalahan internal. Audi telah merancang model kontrol agar tidak aktif jika mengidentifikasi kelembaban. Namun demikian sistem kemudi dan pengereman tetap dapat beroperasi sepenuhnya.

Ilustrasi (Shutterstock).
Ilustrasi (Shutterstock).

"Pengurangan tenaga mesin yang tidak terduga dapat meningkatkan risiko kecelakaan dalam situasi tertentu ketika mengemudi," tulis pernyataan perusahaan, dikutip dari Carscoops.

Baca Juga: Kebakaran Hanguskan Bekas Gudang Anggur di Jogja, Diduga Akibat Korsleting

Dalam hal ini recall berlaku untuk model Audi Q5 sebanyak 248.261 unit, Audi SQ5 2018-2022 36.196 unit, dan total ada 824 unit untuk model SQ5 Sportback. Secara keseluruhan, penarikan tersebut berdampak pada 288.991 unit kendaraan.

Sejauh ini pembuat mobil Jerman tersebut mengaku belum mendapat laporan adanya kecelakaan akibat permasalahan tersebut.  

Audi akan mengatasi masalah tersebut dengan memasang penutup pelindung pada modul kontrol untuk melindungi dari air. Dealer juga akan menutup jahitan bagian bawah bodi mobil.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar