facebook

Cara Bersihkan Karburator Motor untuk Pemula: Ini Alat yang Perlu Disiapkan dan Langkah-Langkahnya

Cesar Uji Tawakal
Cara Bersihkan Karburator Motor untuk Pemula: Ini Alat yang Perlu Disiapkan dan Langkah-Langkahnya
Ilustrasi karburator motor. (Pixabay)

Karburator merupakan bagian integral dari setiap sepeda motor.Penting untuk selalu membersihkan karburator. Berikut ini cara bersihkan karburator motor.

Suara.com - Sepeda motor memiliki beberapa bagian internal yang semuanya harus dibersihkan. Salah satunya bagian karburator. Tentu saja, membersihkannya bisa sedikit rumit, terutama bagi pemula. Untuk mempermudah, berikut ini cara bersihkan karburator bagi pemula.

Karburator merupakan bagian integral dari setiap sepeda motor. Ini adalah gadget presisi yang sangat sensitif yang terletak di antara kotak udara dan mesin. Perannya adalah untuk memadukan udara dan bahan bakar dalam porsi yang tepat. Hasil dari proses pencampuran inilah yang menyebabkan terjadinya pembakaran dalam pada mesin.

Penting untuk selalu membersihkan karburator. Sebab, ini berguna untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih besar, berfungsi dengan baik, akselerasi motor meningkat pesat, dan mesin akan mulai dengan cepat.

Lantas, bagaimana cara bersihkan karburator? Untuk selengkapnya, simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Terjerat Hutang, Seorang Ibu di Sintang Nekat Ajak Anaknya Curi Motor Namun Dipergoki Warga

Alat Membersihkan Karburator Motor

Berikut adalah beberapa alat yang Anda perlukan untuk membersihkan karburator. 

  • Sarung tangan
  • Obeng philips
  • Obeng datar
  • Sikat gigi bekas
  • Pelarut aerosol
  • Udara terkompresi
  • Kawat tipis

Cara pembersihan

Ilustrasi karburator. (tkart.it)
Ilustrasi karburator. (tkart.it)

Setelah menyiapkan alat-alatnya, lanjut ke tahap cara pembersihannya. Adapun cara membersihkan karburator motor yakni sebagai berikut.

1. Karena Anda bekerja dengan mesin, Anda harus memakai sarung tangan terlebih dahulu dan lakukan dengan hati-hati.

Baca Juga: Andalan Motor Resmikan Flagship Showroom Hyundai di Jakarta Selatan

2. Sebelum Anda mulai bekerja, Anda terlebih dahulu melepas karburator dari motor, kemudian membersihkan karburator di luar dengan pelarut aerosol dan sikat lama.

3. Sekarang buka karburator dan lepaskan piston. Kemudian balik karburator dan lepaskan tangki yang mengalir menggunakan sekrup Philip. Jika ada banyak debu di dalam tangki aliran, gunakan pembersih aerosol, lalu gunaka  sikat gigi untuk menggosoknya.

4. Pelampung kemudian dilepaskan dengan memotong sekrup engsel mangkuk pelampung, pelampung dengan cepat terangkat ke depan, lalu tarik jarum pelampung. Kemudian, perbaiki jika ujungnya memiliki pita yang aus.

5. Sekarang Anda harus menghapus jet. Yang lebih besar adalah jet utama di tengah, dan jet yang lebih kecil adalah pilotnya. Lepaskan main jet terlebih dahulu dan simpan ke cahaya agar bersih jika tersumbat, gunakan pelarut yang disertai udara terkompresi. Jika pelarut dan udara terkompresi tidak membuka kunci jet, itu perlu dibersihkan dengan kabel.

6. Untuk memastikan semua lubang bersih, Anda harus menggunakan pelarut dan udara bertekanan. Kemudian bersihkan lubang-lubang kecil pada jarum di bawah main jet.

Demikian informasi mengenai cara bersihkan karburator bagi pemula yang perlu diketahui.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar