facebook

Sering Salah Kaprah, Ini Perbedaan Muscle Car dan Pony Car

Cesar Uji Tawakal
Sering Salah Kaprah, Ini Perbedaan Muscle Car dan Pony Car
Ilustrasi salah satu jenis mobil paling terkenal di Amerika. (Pexels/Markus Spiske)

Sudah tahu apa perbedaan muscle car dan pony car? Jika belum, Anda bisa simak di sini!

Suara.com - Beragam jenis mobil beredar di pasar, dan bisa dipilih sesuai dengan selera. Tentu, untuk mendapatkan mobil impian, Anda perlu paham benar perbedaan mobil-mobil ini. Misalnya saja perbedaan muscle car dan pony car, yang masih sering mengalami salah kaprah.

Memang secara sekilas kedua jenis mobil ini memiliki tampilan yang sangat mirip. Bahkan produsen yang berkompetisi di segmen ini juga sebenarnya sama. Tapi dalam artikel ini, Anda bisa menemukan perbedaan utama yang ada antara dua jenis mobil dengan tenaga besar ini.

Ciri Utama Muscle Car

Muscle car mendapat sebutan dari badannya yang kekar dan gagah, serta didukung dengan mesin gahar yang disematkan di dalamnya. Dengan mesin ukuran besar seperti V8, muscle car sukses memberikan kesan kuat bahwa siapa saja yang menungganginya bukan orang sembarangan.

Baca Juga: Detik-detik 3 Balita di Makassar Tergilas Mobil Tetangga Terekam CCTV, Satu Meninggal di Tempat

Badannya memiliki ukuran yang besar, baik dari segi panjang atau lebarnya. Umumnya, mobil ini juga hanya memiliki dual-seater, sehingga bisa memaksimalkan kecepatan yang dimiliki karena beban yang dibawa tergolong ringan.

Contoh mobil yang bermain di segmen ini adalah Dodge Charger, Chevrolet Impala, hingga Ford Galaxie. Sekilas dilihat saja, Anda pasti paham darimana istilah muscle car ini muncul.

Lalu Bagaimana dengan Pony Car?

Apa yang pertama muncul di benak Anda ketika mendengar atau membaca nama pony car? Tentu identik dengan jenis kuda yang mungil dan lucu bukan?

Pony car sendiri diinisiasi oleh Ford, saat meluncurkan produk Ford Mustang pada medio tahun 1964. Mustang yang diluncurkan ini tak seperti mobil muscle pada umumnya, karena memiliki dimensi badan yang lebih ringkas, praktis, dan kecil.

Baca Juga: Menyongsong Era Mobil Listrik, Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Tetapkan Roadmap 2030

Meski mesin yang diusung sama-sama V8, bahkan pada beberapa varian kemudian disematkan V6, namun ukuran blok mesin yang digunakan adalah golongan blok mesin kecil. Respon publik cukup positif, dan membuat pemain lain ikut memproduksi mobil segmen ini.

Beberapa nama besar di segmen pony car antara lain adalah Ford Mustang, Chevrolet Camaro, hingga mobil dari Plymouth Barracuda.

Itu tadi, sedikit pembahasan mengenai perbedaan musle car dan pony car. Sekarang Anda sudah memiliki gambaran umumnya bukan? Jadi jangan sampai salah pilih dan salah menyebutkan, ketika Anda ingin salah satu dari jenis mobil ini.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar