facebook

Apakah CVT Bergetar di Honda Vario Tidak Terulang pada Versi Teranyar 160cc?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Apakah CVT Bergetar di Honda Vario Tidak Terulang pada Versi Teranyar 160cc?
Honda Vario melewati tes quality control. Sebagai ilustrasi [Dok. Astra-Honda Motor].

Terkadang muncul masalah gredek atau bergetar pada CVT Honda Vario, bagaimana dengan model yang terbaru?

Suara.com - Masalah gredek atau bergetar pada CVT Honda Vario jadi hal yang banyak dikeluhkan konsumen. Kini dengan hadirnya anggota keluarga terbaru, yaitu All-New Honda Vario 160 ada sedikit pertanyaan apakah persoalan pada generasi sebelumnya itu sudah bisa diselesaikan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Reza Rezdie mengatakan, setiap motor yang dikeluarkan PT Astra Honda Motor atau PT AHM sudah lulus uji kualitas.
Sehingga masalah yang ada produk lama sudah diimprove.

"Kalau ada keluhan bawa lagi ke bengkel resmi untuk diperiksa. Karena faktornya banyak (CVT gredek), dari sana bisa ketahuan penyebabnya apa," ujar Reza Rezdie, saat peluncuran All-New Honda Vario 160, baru-baru ini.

All New Honda Vario 160 (Antara)
All-New Honda Vario 160 (Antara)

Reza menambahkan, masalah paling umum bila sepeda motor digunakan, di CVT ada sirkulasi udara yang berfungsi sebagai pendingin. Di situ biasanya terjadi penumpukan debu, makanya berasa sensasi getar atau gredek.

Baca Juga: Pakai Mesin Sama, Mengapa Tenaga All-New Honda Vario 160 Lebih Kecil Dibandingkan PCX?

"Jadi sebenarnya tidak bisa menjamin tidak ada lagi gredek. Karena faktornya juga terlalu banyak," terang Reza.

Sebagai informasi, All-New Honda Vario 160 mengusung mesin generasi terbaru dalam kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm per 7.000 rpm.

Dalam memberikan kenyamanan dan mendukung performa tinggi, All-New Honda Vario 160 hadir lewat pengaplikasian teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang sebelumnya sudah sudah digunakan pada Honda Genio dan Honda Beat.

All-New Honda Vario 160 tersedia dalam dua tipe yaitu CBS dan ABS. PT AHM memasarkan All-New Honda Vario 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25.800.000 untuk tipe CBS, dan Rp 28.500.000, untuk tipe ABS.

Baca Juga: Ini Daftar Ubahan yang Diterima All-New Honda Vario 160

Komentar