facebook

Menperin: Mitsubishi Jadikan Australia Target Ekspor

Liberty Jemadu
Menperin: Mitsubishi Jadikan Australia Target Ekspor
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) dan CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Takao Kato dalam pertemuan di Jepang, Senin (27/6/2022). [Antara]

Kepada menperin Mitsubishi menyatakan bahwa Australia akan menjadi salah satu negara yang masuk dalam list ekspor.

Suara.com - Mitsubishi Motors Corporation menyatakan komitmennya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi sekaligus ekspor. Perusahaan otomotif asal Jepang itu juga mengatakan bahwa Australia masuk dalam target tujuan ekspor kendarannya.

Komitmen tersebut disampaikan Mitsubishi dalam pertemuan dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat berkunjung ke Mitsubishi Motors Okazaki Plant, Jepang, Senin (27/6/2022).

Menurut Menperin, lewat keterangannya mengatakan Mitsubishi menargetkan kinerja ekspornya pada 2022 mencapai 72.000 unit atau naik 30.000 dibandingkan 2021. Peningkatan ini akan memberikan sumbangsih surplus neraca perdagangan sebesar Rp7 triliun.

"Tentunya, Mitsubishi akan meningkatkan pasar ekspor, sehingga memberikan sumbangsih nyata pada kinerja ekspor Indonesia," kata Agus.

Baca Juga: Pentingnya Digitalisasi Komponen Otomotif Produksi IKM di Era Kendaraan Listrik

Mitsubishi juga telah berkomitmen menambah negara tujuan ekspor dan memberikan izin kepada agen pemegang merek di Indonesia untuk menambah sembilan negara lagi. Saat ini, APM Mitsubishi di Indonesia sudah mengekspor mobil ke 30 negara.

"Mitsubishi juga menyatakan bahwa Australia akan menjadi salah satu negara yang masuk dalam list ekspor mereka," imbuh Menperin.

Australia merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia. Terlebih, Indonesia dan Australia sudah terikat perjanjian perdagangan bebas Comperhensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

"Pasar Australia ini sangat besar, apalagi kita sudah punya kesepakatan dagang, sehingga sayang sekali bila tidak dimanfaatkan," ungkapnya.

Kunjungan Menperin ke Mitsubishi kali ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan pada Maret 2021 lalu, di antaranya terkait dengan rencana penambahan investasi sebesar Rp 11,2 triliun hingga 2025. [Antara]

Baca Juga: Menperin ke Jepang, Bahas Kerjasama Industri Kecil Menengah Otomotif Antar Negara

Komentar