facebook

Windshield Bisa Disesuaikan Tambah Kenyamanan Saat Akselerasi Bersama New Honda ADV 160

RR Ukirsari Manggalani
Windshield Bisa Disesuaikan Tambah Kenyamanan Saat Akselerasi Bersama New Honda ADV 160
Produk New Honda ADV 160 dipasarkan dalam dua tipe, yaitu ABS dan CBS [ANTARA/Fathur Rochman].

PT AHM mengadakan uji berkendara produk terbarunya di fasilitas lengkap AHM Safety Riding and Training Center.

Suara.com - New Honda ADV 160 telah meluncur sepekan lalu (1/7/2022) dan kekinian PT Astra Honda Motor menggelar uji berkendara. Lokasinya adalah fasilitas lengkap AHM Safety Riding and Training Center, Bekasi, Jawa Barat.

Dikutip dari kantor berita Antara, produk yang dicoba adalah New Honda ADV 160 varian ABS dan dicoba melahap berbagai lintasan. Yaitu mulai lintasan lurus, berkelok, menikung, tanjakan, sampai jalan bergelombang.

New Honda ADV 160 dipasarkan dalam dua tipe, yaitu ABS dan CBS, serta memiliki enam varian warna.

Para pembesar PT Astra Honda Motor (AHM) bergaya saat launching New Honda ADV 160 [PT AHM].
Para pembesar PT Astra Honda Motor (AHM) berpose dalam launching New Honda ADV 160 [PT AHM].

Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (on the road Jakarta), tersedia dalam tiga warna, Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Kecelakaan Mobil di Ibiza, Ini Pesannya Kepada Sesama Pengguna Jalan Raya

Sedangkan tipe CBS dibanderol Rp 36.000.000 (on the road Jakarta), dan tersedia tiga pilihan warna, Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

New Honda ADV 160 bisa menjadi pilihan bagi anggota masyarakat yang ingin menunggang sepeda motor trasmisi matik dengan mesin kubikasi besar, namun tetap lincah dan nyaman.

Dari hasil pengetesan New Honda ADV 160 yang dilakukan kantor berita Antara hasilnya adalah sebagai berikut:

Suasana AHM Safety Riding and Training Center, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022) sebagai lokasi test ride Honda ADV 160 [ANTARA/HO].
Suasana AHM Safety Riding and Training Center, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022) sebagai lokasi test ride Honda ADV 160. Perhatikan keberadaan windshield yang membantu pengendara [ANTARA/HO].
  • Posisi berkendara terasa nyaman, jangkauan tangan terhadap setang kemudi juga dirasa pas.
  • Posisi duduk terasa masih sedikit tinggi, sehingga kaki tester berpostur 170 cm belum bisa menapak sempurna di tanah. Catatan: jok kulit nyaman, tinggi jok 780 mm atau lebih rendah 15 mm dari model sebelumnya.
  • Uji coba mengaplikasikan dua mode windshield yang berbeda, fitur pada New Honda ADV 160 bisa disesuaikan 75 mm dengan dua tingkat ketinggian.
  • Keberadaan windshield tersebut cukup berpengaruh untuk terhindar dari terpaan angin berlebih saat berakselerasi.
  • Tuas gas ADV 160 ringan, tarikan sepeda motor berdimensi 1.950 x 763 x1.196 mm terasa enteng, ringan bermanuver.
  • Lincah melahap lintasan berkelok dan memutar, tidak merasakan adanya kendala berarti saat sepeda motor berbobot 133 kg meliuk-liuk.
  • Ketika melewati jalanan bergelombang, suspensi yang dirasakan agak kaku, namun tetap nyaman.
  • Untuk lintasan lurus, tarikan mesin agresif ditambah pengendalian sigap. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk bisa mencapai kecepatan hingga 80 km per jam.
  • Performa itu didapat dari kinerja mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin baru ini memasok tenaga 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 NM pada 6.500 rpm.
  • Kecepatan relatif tinggi di lintasan yang basah oleh hujan juga mantap, didukung sistem pengereman dilengkapi sistem Anti-lock Braking System (ABS).
  • Teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC) berfungsi membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, New Honda ADV 160 merupakan sepeda motor yang lincah dan nyaman untuk dikendarai. Kelincahan yang dimiliki sangat membantu ketika menghadapi jalanan perkotaan.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga New Honda ADV 160

Sementara performa mesin yang mumpuni serta kenyamanan yang ditawarkan akan terasa berguna ketika sepeda motor ini digeber untuk diajak berjelajah menempuh perjalanan jauh.

Komentar