Genesis Electrified G80 Special Edition Dibuat Khusus untuk VVIP KTT G20 Bali, Ini Serba-Serbinya

RR Ukirsari Manggalani
Genesis Electrified G80 Special Edition Dibuat Khusus untuk VVIP KTT G20 Bali, Ini Serba-Serbinya
Genesis Electrified G80 Special Edition untuk kegiatan G20 Summit Indonesia 2022 diserahterimakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022) (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

Teknisi yang akan mengurusi juga langsung dari Korea Selatan, unit dipersembahkan spesial.

Suara.com - Dalam acara handover ceremony di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (25/10/2022), PT Hyundai Motors Indonesia menyerahkan 393 unit Genesis G80 serta Hyundai IONIQ 5 kepada Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg).

Adapun peruntukannya adalah sebagai pendukung mobilitas dari para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali. Dan termasuk di antara unit yang diserahterimakan adalah Genesis Electrified G80 special edition.

Prosesi penyerahan mobil listrik dari Hyundai ke Kementerian Sekretariat RI di Tenis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022) [ANTARA/Lifia Mawaddah Putri].
Prosesi penyerahan mobil listrik dari Hyundai ke Kementerian Sekretariat RI di Tenis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022) [ANTARA/Lifia Mawaddah Putri].

Dikutip dari kantor berita Antara, Erwin Djajadiputra selaku Sales Director PT Hyundai Motor Indonesia menyatakan dari 393 unit Genesis G80 dan Hyundai IONIQ 5 yang diserahkan, terdiri dari beberapa varian. Yaitu:

  • Genesis G80 Special Edition
  • Genesis G80 Basic
  • Hyundai IONIQ 5 versi Signature

"G80 Special Edition ini lebih panjang 20 cm dan hanya spesial dibuat untuk acara G20 ini," jelas Erwin Djajadiputra.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Yana Mulyana Ngantor Pakai Mobil Listrik, Ini Kesan Perdananya

Alasan menghadirkan G80 edisi khusus ini adalah mempersembahkan produk yang spesial bagi seluruh kepala negara yang diundang.

"Sebetulnya, Hyundai coba melihatnya sebagai satu kebutuhan. Karena kalau kami lihat, kepala negara harus spesial. Jadi kami memberikan satu yang spesial untuk acara ini. Selain dimensi panjang lebih dari versi standar, produk juga dilengkapi logo G20," ungkap Erwin Djajadiputra menjelaskan detail seluruh armada mobil listrik Hyundai dan Genesis yang dibawa ke Bali untuk acara skala internasional pada 15-16 November 2022.

"Uniknya, G80 Special Edition hanya diproduksi khusus untuk G20 di Bali. Kalau IONIQ 5 semuanya versi standar. Artinya memang pabrikan dari Hyundai tipe Signature," lanjutnya.

Dari segi keamanan kendaraan, pihak negara akan mengadakan persiapan tentang operasionalnya.

Baca Juga: Percepat Transisi ke Mobil Listrik pada 2023, Hyundai Motor Group Optimis Pangsa Lebih Besar

"Keamanan itu disiapkan oleh negara. Mobil belum antipeluru. Ini adalah standar G80. Termasuk yang special edition," tukasnya.

"Mulai Selasa (25/10/2022) dibawa ke Bali. Jadi handover adalah start awal moving semua kendaraan ke tujuan penyelenggaraan KTT G20 Bali," katanya lagi.

PT Hyundai Motors Indonesia juga menjelaskan telah menyediakan expert technician dari Korea Selatan yang akan siaga di Bali sepanjang acara berlangsung.

"Kami terjunkan expert technician. Standby di Bali selama acara ini, langsung dari Korea. Dan kami juga mempersiapkan service station tepat di lokasi acara G20," ujar Erwin Djajadiputra.

"Setelah acara ini selesai, kami masih dalam pembicaraan internal (mobil ini akan diapakan), belum final. Kalau sekarang ini Hyundai sponsor kepada negara untuk acara G20 dengan menggunakan produk kami," pungkasnya.