Solusi Inovatif Atasi Pencemaran Sungai dengan Rambut

Silfa Humairah Utami
Mengurangi limbah di sungai dengan limbah rambut. (Dok Clean Action)
Mengurangi limbah di sungai dengan limbah rambut. (Dok Clean Action)

Apa solusi meminimalisir limbah di sungai yang masih menjadi sumber air masyarakat sekitar?

Suara.com - Di era kemajuan industri dan globalisasi yang pesat, tentunya tak lepas dari munculnya banyak pabrik yang menghasilkan limbah pabrik. Ironisnya, limbah tersebut dibuang begitu saja dan mengotori sungai-sungai di Indonesia, padahal masih banyak warga yang sangat bergantung pada sungai sebagai sumber airnya sehari-hari.

Bisa terbayangkan limbah logam, minyak, merkuri, dan masih banyak lagi tercampur dengan air sungai dan dikonsumsi langsung oleh warga, itu semua akan sangat berakibat buruk bagi kesehatan mereka.

Clean Action, sebuah lembaga nonprofit yang bergerak di bidang lingkungan berupaya untuk meminimalisir resiko tersebut.

Hair River Filter, project percontohan yang memanfaatkan limbah rambut dari salon maupun pangkas rambut menjadi filter air yang efektif menyerap limbah kimia berbahaya.

Sebuah studi di India menunjukkan bahwa rambut sangat efektif menyerap limbah-limbah berbahaya seperti merkuri, logam, minyak, kadmium, dan lain-lain seperti dikutip dari National Institute of Science, Technology & Development Studies, New Delhi, India.

Proses pembuatan Hair River Filter dimulai dari seluruh limbah rambut dikumpulkan dan kemudian dibentuk menjadi beberapa gumpalan rambut. Lalu gumpalan-gumpalan rambut tersebut disusun menjadi satu membentuk bidang kotak.

Bidang kotak rambut tersebut ditekan dari kedua sisi dengan jaring besi berukuran persegi panjang, jadilah sebuah blok filter rambut. Selanjutnya beberapa blok filter rambut di simpan di sungai yang telah tercemar selama 1 hingga 2 minggu agar rambut dapat menyerap bahan limbah kimia berbahaya. Proses yang sangat sederhana dan terhitung sangat ekonomis untuk menanggulangi masalah kronis pencemaran sungai.

“Kami berharap proyek percontohan Hair River Filter ini dapat menginspirasi perusahaan- perusahaan, pabrik, atau pun LSM untuk melakukan hal yang sama atau pun menciptakan
gagasan-gagasan baru yang lebih ekonomis demi membersihkan sungai,” ujar Hendro Talenta, Program Director Clean Action dalam rilis yang dikirimkan ke Suara.com.

Jadi solusi Hair River Filter sedikit memberi jalan keluar sungai yang kotor akibat limbah di Indonesia, karena masih banyak warga yang sangat bergantung pada sungai sebagai sumber air. (*)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS