alexametrics

Puasa Ramadhan saat Pandemi, Pakar Gizi Ungkap Tips Sehat Bugar untuk Anda

Ririn Indriani
Puasa Ramadhan saat Pandemi, Pakar Gizi Ungkap Tips Sehat Bugar untuk Anda
Ilustrasi berbuka puasa dengan makanan sehat bergizi seimbang. (Shutterstock)

Tak cuma makanan sehat bergizi seimbang saat sahur dan buka puasa, ada hal lain yang juga penting dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Apa saja?

Suara.com - Mengonsumsi makanan sehat dan lezat di bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19, dinilai sangat penting oleh Ketua Ikatan Ahli Gizi Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswary. Ini dikarenakan tubuh membutuhkan lebih banyak makanan sehat dengan gizi seimbang.

Agar kebutuhan nutrisi tercukupi saat puasa, maka makanan bergizi yang disantap harus memiliki rasa yang enak untuk meningkatkan nafsu makan. Nah, salah satu cara untuk membuat makanan terasa lebih enak dengan menambahkan bumbu penyedap, seperti Umami.

Dilansir dari laman Ajinomoto, Umami adalah rasa dasar kelima selain rasa manis, asin, asam dan pahit. Sementara itu, menurut kamus gizi Indonesia, Umami sebagai rasa tambahan untuk 4 komponen utama rasa, yaitu manis, asam, asin dan pahit.

Di Indonesia, orang mengenal umami sebagai rasa gurih. Komponen utama yang menciptakan rasa umami dalam makanan adalah asam amino glutamat, dan salah satu sumber rasa umami adalah sebagai MSG atau monosodium glutamat.

Baca Juga: Tips Puasa Aman bagi Penderita Diabetes

Nah, selain mengonsumsi makanan sehat dan lezat, Mury juga menyarankan untuk menjaga kebugaran tubuh selama Ramadhan dengan rutin olahraga yang juga bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres. "Namun tetap harus diperhatikan jenis dan waktu olahraganya. Olahraga sebaiknya 3-5 kali seminggu dengan intensitas sedang-tinggi, lalu gabungkan kardio dan olahraga beban ringan dengan durasi 20-60 menit setiap kali olahraga," pesannya.

Lebih lanjut Mury menjelaskan bahwa selama puasa, tubuh mengalami defisit kalori yang membuat hormon tubuh berubah, yaitu terjadi penurunan insulin dan peningkatan hormon glukagon yang memaksa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi saat kita beraktivitas.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar