alexametrics

Sambut Sumpah Pemuda, kumparan Kembali Gelar Festival UMKM 2021

Fabiola Febrinastri
Sambut Sumpah Pemuda, kumparan Kembali Gelar Festival UMKM 2021
Festival UMKM 2021. (Dok: kumparan)

Tahun lalu, Festival UMKM berhasil menginspirasi 30 juta audience milenial.

Suara.com - Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, kumparan kembali menggelar Festival Milik Kaum Milenial (UMKM) 2021. Festival yang ditujukan kepada para pelaku bisnis milenial yang menjalankan UMKM ini diselenggarakan pada 26-28 Oktober 2021, dengan mengusung tema #kumparantemanUMKM.

Festival UMKM kumparan 2021 menjadi tahun kedua bagi kumparan menyelenggarakan event UMKM milenial online terbesar di Indonesia. Yang berbeda, tahun ini Festival UMKM mempersembahkan Master Class, program pembinaan yang memberikan kesempatan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Tiga mitra yakni perbankan, e-commerce, dan pemerintah digandeng untuk memberikan pembinaan mendalam (in-depth coaching) bagi peserta UMKM terpilih.

Acara akan kembali dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah menteri Kabinet Kerja juga ikut berpartisipasi, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Festival UMKM akan diisi oleh figur publik ternama yang juga merupakan pelaku bisnis seperti Prilly Latuconsina (selebritas & Founder SINA), Ria Miranda (Creative Director RiaMiranda), Dian Pelangi (desainer), Decky Sastra (Founder Rawtype Riot & Pemenang Local Brand Editor’s Choice 2020), Niko Julius (digital marketing expert), dan lainnya.

Mereka akan membagikan pengalaman serta pengetahuannya dalam merintis bisnis yang mereka jalani selama ini. Event yang berlangsung pada 26-28 Oktober ini akan menghadirkan serangkaian acara seperti keynote speech, webinar dan talkshow dari empat sektor UMKM (Kuliner, Kriya, Kecantikan, dan Fashion), special session, pengumuman pemenang kumparan Local Brand Editor’s Choice, pembinaan Master Class, serta penampilan musik dari musisi Tanah Air.

Sebagai lanjutan dari keberhasilan Festival UMKM di tahun sebelumnya, kumparan melanjutkan program UMKM Series yang juga telah dilaksanakan sejak Juli September 2021. Program ini terdiri dari Special Content, Talkshow, dan Digital Activation yang melibatkan para pembaca kumparan.

Pada waktu bersamaan, kumparan menghadirkan Local Brand Editor’s Choice, penghargaan untuk brand lokal di Indonesia sebagai bentuk apresiasi kontribusi sektor UMKM pada kemajuan perekonomian Indonesia. Penghargaan di tahun kedua menyasar brand UMKM dari empat sektor yang telah disebutkan.

Tahun lalu, Festival UMKM berhasil menginspirasi 30 juta audience milenial, disaksikan oleh 155.808 penonton, dihadiri 50 komunitas, dan mengundang lebih dari 50 pakar dan figur publik. Hal tersebut yang juga membawa kumparan dianugerahi penghargaan sebagai Best Revenue Diversification Product/Project/Services oleh Asosiasi Penerbit Berita Dunia atau WANIFRA.