facebook

Bantuan Makanan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru Perlu Menjangkau Seluruh Kelompok

M. Reza Sulaiman
Bantuan Makanan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru Perlu Menjangkau Seluruh Kelompok
Penampakan visual Gunung Semeru [Foto: ANTARA]

Pemberian bantuan makanan, obat-obatan, hingga pakaian untuk korban erupsi Gunung Semeru dilakukan oleh berbagai pihak dengan alasan kemanusiaan.

Suara.com - Pemberian bantuan makanan, obat-obatan, hingga pakaian untuk korban erupsi Gunung Semeru dilakukan oleh berbagai pihak dengan alasan kemanusiaan.

Namun perlu diingat bahwa pemberian bantuan, apapun jenisnya, perlu menjangku seluruh kelompok yang terdampak.

Inilah yang menjadi alasan QNET menyalurkan bantuannya kepada para korban di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sebab, dampak dari erupsi Gunung Semeru tidak dirasakan hanya oleh masyarakat di Pasirian dan Candipuro saja.

RYTHM Foundation, bagian dari program sosial QI Group, induk perusahaan QNET, langsung terjun ke lapangan dan memberikan bantuan darurat berupa makanan siap santap ke warga di tinggal sementara di tenda-tenda pengungsian di Desa Kunir, Dusun Leker, Desa Sumber Mujur, dan Desa Penanggal di akhir Desember 2021.

QNET salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (Dok. QNET)
QNET salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (Dok. QNET)

"Bantuan ini merupakan perwujudan filosofi yang diusung QNET, Raise Yourself To Help Mankind (RYTHM) yang peduli serta berkomitmen membantu meningkatkan kualitas kehidupan sesama masyarakat sehingga lebih sejahtera," tegas Malou Caluza, CEO QNET, dalam siaran pers yang diterima Suara.com.

"QNET ingin hadir membantu masyarakat Lumajang yang sedang dilanda bencana, QNET ingin agar kondisi dan mental korban kembali pilih meski sampai detik ini masih tinggal di pengungsian," terangnya.

Malou Caluza berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak. Ia mengajak seluruh penduduk Indonesia untuk mendoakan agar kejadian ini segera membaik, warga dapat beraktivitas seperti semula, ekonomi kembali bergeliat, dan anak-anak kembali ke sekolah.

Rudi Mulyono, Kepala Dusun Umbulsari, mengatakan bahwa masyarakat sangat senang dengan bantuan yang disalurkan, dengan makanan siap saji yang variatif, mereka mendapatkan kemudahan lebih dalam urusan konsumsi.

"Pada dasarnya kami juga diberikan makanan oleh pemerintah dan organisasi lainnya, tapi makanan yang diberikan oleh QNET ini memberikan kesan tersendiri bagi kami terutama dari variasi rasa dan menu makanan yang sedikit berbeda yang biasa kami terima," katanya.

Andi Geprik, Ketua Koordinator Relawan Semeru yang mengatakan banyak korban dan masyarakat terdampak yang tinggal di titik-titik penampungan yang jarang terjamah oleh bantuan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS