Diubah, Okto Jamin Venue BMX Asian Games Tetap Bertaraf Dunia

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Diubah, Okto Jamin Venue BMX Asian Games Tetap Bertaraf Dunia
Atlet Sepeda BMX Putra Indonesia Toni Syarifudin (kiri) memacu sepedanya pada start Sepeda BMX Putra Asian Games ke-17 di Ganghwa Asiad BMX Track, Incheon, Rabu (1/10). [Antara/Saptono]

Garis finis venue BMX Asian Games dimundurkan sekitar lima meter.

Suara.com - Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari menegaskan, venue BMX untuk Asian Games 2018 di Pulo Mas, Jakarta Timur, tetap berstandar internasional meski mengalami sedikit perubahan.

Sebelumnya, venue BMX yang telah rampung pada Juni lalu, mendapat sedikit teguran dari Delegasi Teknik Asian Games 2018, Beatrice A. Lajawa.

Saat mengecek kesiapan venue BMX, delegasi asal Malaysia itu mengatakan, garis finis trek harus dimundurkan sekitar lima meter.

Baca Juga: Tertinggal 46 Poin, Rossi Lempar Handuk Bersaing dengan Marquez?

Hal itu untuk menunjang faktor estetis dalam pengambilan gambar atau foto. Ini dikarenakan garis finis sebelumnya berada tepat di samping toilet.

Menurut Okto, pemunduran garis finis, yang mengubah panjang trek dari 360 meter menjadi 365 meter, tak akan menggugurkan status venue BMX yang telah berstandar internasional.

Sebab, lanjutnya, dalam aturan Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI), perubahan panjang trek masih diperbolehkan selama tak melebihi batas 400 meter.

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari (duduk kedua dari kanan) mendampingi kunjungan Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) ke venue BMX Asian Games di Pulo Mas, Jakarta Timur, Kamis (19/7/2018). [Ist]
Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari (duduk kedua dari kanan) mendampingi kunjungan Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) ke venue BMX Asian Games di Pulo Mas, Jakarta Timur, Kamis (19/7/2018). [Ist]

"Trek BMX sudah sesuai dengan standar internasional. Apakah panjang trek dimajukan atau dimundurkan 20 meter tak akan mengubah standar internasional venue. Sebab standar internasionalnya itu harus dibawah 400 meter," papar Okto di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Okto juga mengatakan Delegasi Teknik Asian Games 2018 telah menyatakan venue BMX di Pulo Mas lolos uji standar. 

Mereka juga sudah mengirimkan surat elektronik sebagai tanda kepastian.

Baca Juga: Ini Alasan Tamran Pasang Bendera Peserta Asian Games Bertiang Bambu

"Jadi berdasar itu juga, kami (PB ISSI) akan meminta surat dari Konfederasi Sepeda Asia (ACC) untuk mempertegas hal tersebut. Untuk kemudian kami PB ISSI akan mengeluarkan surat rekomendasi terkait penjelasan tersebut," tutur salah satu putra dari Ketua DPD Oesman Sapta Odang .

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS