Karate Indonesia Percaya Diri Sabet 5 Medali Emas di SEA Games 2019

Bangun Santoso | Arief Apriadi
Karate Indonesia Percaya Diri Sabet 5 Medali Emas di SEA Games 2019
Formatur PB Forki yang juga Pengurus Provinsi (Pengprov) Forki DKI Jakarta, Basiruddin di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Minggu (17/2/2019). (Suara.com/Arief Apriadi)

Pada SEA Games 2017, Indonesia berhasil meraih 13 medali dari cabang olahraga karate

Suara.com - Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki), optimis jika atlet-atletnya bisa meraih minimal lima medali emas saat turun di ajang SEA Games 2019.

Hal itu disampaikan salah Formatur PB Forki, Basiruddin, usai menghadiri acara penutupan Kongres Forki ke-15 yang berlangsung di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Menurut Basiruddin, marwah PB Forki adalah induk cabor karate yang berfokus untuk menggapai juara setiap tahunnya. Karena itu, di tahun ini, prestasi karateka Indonesia harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, pada SEA Games 2017, Indonesia berhasil meraih 13 medali dari cabang olahraga karate dengan rincian tiga medali emas, tiga medali perak, dan tujuh medali perunggu.

"Ya target kita pasti inginnya mendapatkan medali lebih banyak. Kalau sekarang, kita berpikir minimal lima medali emas," ujar Basiruddin di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

PB Forki sendiri sejatinya baru menggelar kongers ke-15, yang memunculkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai ketua umum baru, menggantikan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, sehingga struktur organisasi belum terancang.

Basiruddin menyebut PB Forki memiliki waktu maksimal 15 hari usai kongres untuk menentukan struktur kepengurusan baru. Setelahnya, seleksi nasional dan segala persiapan bisa segera bergulir.

"Yang pasti PB Forki punya target juara, dan atlet-atlet kita diberbagai perguruan sudah siap. Ini tinggal induknya (struktur kepengurusan--red) saja," papar Basiruddin.

"Begitu induknya selesai, akan keluar SK (Surat Keputusan) untuk melanjutkan pelatnas yang lebih komperhensif lagi. Agar menuju SEA Games itu kita bisa meraih juara," tukasnya.

SEA Games 2019 sendiri akan bergulir pada 30 November hingga 11 Desember mendatang. Multievent terbesar Asia Tenggara itu rencananya bakal digelar di New Clark City, Filipina.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS