Indonesia Gelar MotoGP, Ini Harapan Mantan Pembalap Nasional

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Indonesia Gelar MotoGP, Ini Harapan Mantan Pembalap Nasional
Mantan pebalap motor nasional, Muhammad Fadli Immammuddin. [Suara.com/Arief Apriadi]

Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP di tahun 2021.

Suara.com - Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2021 mendatang disambut antusias oleh mantan pembalap motor nasional, Muhammad Fadli Immammuddin.

Eks pembalap yang pernah mengaspal di gelaran Moto2 pada 2013 silam itu berharap status tuan rumah MotoGP bisa membawa dampak positif bagi ekosistem balap motor di Tanah Air.

"Bagus banget sih. Kalau kemarin kan cuma wacana saja ya. Dan sekarang akhirnya terelalisasi," kata Muhammad Fadli Imammuddin.

Menurut Fadli, gelaran MotoGP Indonesia 2021 nanti jangan hanya dijadikan ajang promosi sektor pariwisata Indonesia kepada dunia.

Namun, gelaran balap motor paling akbar itu dinilanya harus bisa menjadi wadah peningkatan level dan prestasi pembalap-pembalap Indonesia.

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3).[ARSYAD ALI/AFP]
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3).[ARSYAD ALI/AFP]

Fadli yang kini aktif berlaga sebagai pembalap sepeda disabilitas --setelah mengalami kecelakaan di Sentul 2015 silam--, berharap di MotoGP Indonesia 2021 nanti, rider Merah Putih bisa unjuk gigi dan jangan hanya jadi penonton di rumah sendiri.

"2021 nanti itu saya berharap banyak pembalap Indonesia yang ada di sana (berlaga di MotoGP 2021). Dengan kepastian ini, pastinya banyak pembalap muda yang bersemangat," tutur peraih medali emas Asian Para Games 2018 itu.

Wacana penyelenggaraan MotoGP di Indonesia sejatinya merupakan isu lama yang kerap kali muncul tiap tahunnya.

Sebelum Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, resmi ditunjuk sebagai tuan rumah salah satu seri MotoGP 2021, Sentul lebih dulu digembar-gemborkan sebagai venue balapan meski akhirnya gagal terealisasi.

Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) selaku pemegang lisensi MotoGP Indonesia sendiri mengatakan jika pembangunan sirkuit dengan panjang lintasan 4,32 kilometer itu akan ditangani perusahaan konstruksi asal Prancis, Vinci.

Pembangunan Sirkuit Mandalika akan dimulai pada September 2019 mendatang, dan ditargetkan selesai pada tahun 2020.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS