Gantikan Valentino Rossi, Alex Rins Jadi Sunday Rider Baru

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Gantikan Valentino Rossi, Alex Rins Jadi Sunday Rider Baru
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, memenangi balapan MotoGP AS di Circuit of the Americas (COTA), Texas, Minggu (14/4/2019) [Dok. Suzuki].

Dahulu, Valentino Rossi tampil sebagai entertainer di race day. Kini, Alex Rins membayangi.

Suara.com - Julukan "Sunday Rider" telah lama melekat pada sosok Valentino Rossi. Pebalap Italia itu terkenal mampu tampil memukau pada hari Minggu atau race day, meski pada sesi kualifikasi dan latihan bebas kerap muncul sebagai pesakitan.

Namun, julukan Sunday Rider untuk Valentino Rossi rasanya mulai luntur mengingat hasil kurang maksimal yang diraih The Doctor, begitu ia akrab disapa, dalam beberapa seri balapan terakhir.

Di saat Valentino Rossi kesulitan menemukan performa yang kerap kali menghibur penonton, muncul seorang Sunday Rider baru dari Suzuki Ecstar, yaitu Alex Rins.

Ya, di MotoGP musim 2019, Alex Rins seakan-akan menjelma menjadi Sunday Rider karena kerap kali tampil memukau meski pada hari Jumat dan Sabtu tampil melempem hingga gagal mengunci posisi start di barisan terdepan.

Musim ini, Alex Rins telah mengoleksi satu kemenangan di MotoGP Amerika Serikat, serta satu kali podium runner-up di MotoGP Spanyol. Uniknya, pencapaian itu diraihnya pada posisi start yang kurang menguntungkan yakni tujuh dan sembilan.

Penampilan memukau pada race day kembali diperlihatkan Alex Rins saat mengaspal di Sirkuit Mugello, tempat dihelatnya MotoGP Italia 2019. Ia yang memulai balapan dari posisi ke-13 mampu finis di peringkat keempat.

"Saya tak berpikir bisa meraih hasil lebih baik dari ini, meski start di posisi yang lebih baik. Saya banyak menyalip rider lain di lap-lap awal, namun kehilangan banyak waktu di lintasan lurus," ujar Alex Rins dilansir dari Crash, Senin (3/6/2019).

"Ngomong-ngomong, saya senang dengan hasil ini, urutan keempat, dan itu semua membantu saya dalam rangka perebutan gelar juara," pungkasnya.

Peringkat keempat di MotoGP Italia 2019 semakin melengkapi torehan apik Alex Rins saat race day. Dari enam seri MotoGP 2019 yang telah berlangsung, urutan performa Alex Rins adalah start dari posisi 10-16-7-9-19-13, dan finis di posisi 4-5-1-2-10-4.

Raihan peringkat empat juga membuat Alex Rins kini menduduki posisi ketiga di klasemen sementara MotoGP 2019 dengan 88 poin. Pebalap Spanyol itu terpaut 27 poin dari Marc Marquez yang berada di posisi pertama.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS