Penyebaran Virus Corona Merisaukan, Formula E Jakarta Tetap Digelar?

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Penyebaran Virus Corona Merisaukan, Formula E Jakarta Tetap Digelar?
Balapan Formula E di Invalides Monument, Paris, Prancis pada, Sabtu (27/4/2019). [AFP/Kenzo Tribouillard]

Sebelumnya, Formula 1 memutuskan untuk batalkan GP China.

Suara.com - Wabah virus corona yang telah menjadi krisis kesehatan global telah memaksa berbagai event olahraga internasional ditunda atau bahkan dihentikan. Ajang Formula E 2020 Jakarta dikhawatirkan turut terdampak.

Formula E 2020 Jakarta dijadwalkan bakal diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada 6 Juni 2020 mendatang.

Namun, merebaknya virus corona terutama di kawasan Asia seperti China, Singapura, Filipina, dan Thailand, membuat kepastian perhelatan ajang balap mobil listrik itu dipertanyakan.

Pasalnya, Federasi Otomotif Dunia (FIA) telah resmi menunda pelaksanaan Formula 1 (F1) Grand Prix China yang seharunya berlangsung 17-19 April mendatang, lantaran efek virus corona yang semakin mengkhawatirkan.

Menanggapi rumor tersebut, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto--selaku Panitia Penyelenggara Formula E 2020 Jakarta--menyebut event balap ramah lingkungan itu untuk sementara akan berlangsung sesuai jadwal.

Warga di Kota Wuhan tergeletak di jalanan diduga tewas karena virus corona, foto diambil pada Kamis (30/1/2020). (Foto: AFP / Hector Retamal)
Warga di Kota Wuhan tergeletak di jalanan diduga tewas karena virus corona, foto diambil pada Kamis (30/1/2020). (Foto: AFP / Hector Retamal)

"Terkait wabah virus corona dan segala macamnya, itu bukan otoritas kami. Itu otoritas FEO (Formula E Operations Limited)," ujar Dwi dalam acara Media Briefing Formula E 2020 Jakarta di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).

"Sampai detik ini, FEO bilang ke kami bahwa perhelatan Formula E 2020 Jakarta ini ya berjalan terus, saya sudah berbicara dengan Alberto Longo (Co-Founder & Chief Championship Officer Formula E)," tambahnya.

Sementara itu, menurut Ketua Ikatan Motorsport Indonesia (IMI), Sadikin Aksa, FIA selaku pemilik lisensi Formula E disebutnya terus memantau kondisi terkini perihal wabah virus corona. Karenanya akan ada koordinasi perihal keputusan iya atau tidaknya menyelenggarakan Formula E 2020 Jakarta 6 Juni mendatang.

"Ini ke depan masih terus diawasi, jadi sekarang belum ada pernyataan resmi mengenai dampaknya di Indonesia. Tapi seluruh event di Asia juga telah diawasi. FIA sudah koordinasi dengan WHO," jelas Sadikin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS