alexametrics

Pencak Silat Ditargetkan Masuk Ekshibisi Olimpiade 2024 Paris

Syaiful Rachman
Pencak Silat Ditargetkan Masuk Ekshibisi Olimpiade 2024 Paris
Pesilat nomor seni kategori ganda putra Yolla dan Hendy (kiri) meraih medali emas di test event Asian Games 2018 [Suara.com/Syaiful Rachman]

Berbagai langkah dilakukan agar target tersebut tercapai.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menargetkan pencak silat dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk ekshibisi Olimpiade 2024 Paris.

“Kami mempunyai target bagaimana pencak silat bisa melakukan ekshibisi di Olimpiade Paris 2024. Insya Allah kami akan dorong untuk masuk ke cabang ekshibisi,” kata Menpora Zainudin Amali dalam temu media virtual, Senin (12/10/2020).

Berbagai langkah demi mewujudkan ambisi tersebut telah dilakukan. Zainudin mengaku sudah mulai berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi agar membantu mengkampanyekan pencak silat ke berbagai negara.

Ia juga meminta Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk bergegas melakukan pendekatan kepada National Olympic Committee (NOC) berbagai negara untuk memperkenalkan cabang tersebut.

Baca Juga: Kemenpora Komitmen Dukung Pembinaan Cabor Renang dan Pencak Silat

Pencak Silat Ditargetkan Masuk Ekshibisi Olimpiade 2024 Paris - 1

Selain itu, pihaknya juga mengaku sudah cukup sering menitipkan promosi cabang olahraga tradisional asli Tanah Air itu kepada para Duta Besar Indonesia di beberapa negara, termasuk Duta Besar RI untuk Bonia dan Herzegovina, serta Tunisia.

Pertemuan tersebut tak sia-sia sebab ternyata sudah ada beberapa negara yang menyampaikan minatnya terhadap pencak silat bahkan berkeinginan untuk didatangkan pelatih pencak silat dari Indonesia.

Hal itu merupakan sinyal positif menunjukkan bahwa pencak silat sudah mulai dikenal di berbagai negara. Namun Zainudin mengaku masih membicarakan perihal permintaan tersebut.

Untuk promosi yang lebih luas, Kemenpora dan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), kata Zainudin, juga akan membuat video tutorial pelatihan pencak silat.

Video tutorial tersebut diperuntukkan bagi sejumlah negara yang menyatakan minatnya belajar bela diri pencak silat.

Baca Juga: Menpora : Wushu Championship 2020, Kreativitas Bina Atlet di Tengah Pandemi

Pencak Silat Ditargetkan Masuk Ekshibisi Olimpiade 2024 Paris - 2

“Dalam waktu dekat sudah ada pembicaraan dengan PB IPSI. Kami akan membuat video tutorial pencak silat. Karena di Tunisia, kepolisian atau angkatan senjatanya minta dilatih bela diri pencak silat,” tuturnya seperti dimuat Antara.

Komentar