alexametrics

Lebih Cepat dari Hamilton, Bottas Raih Pole Position GP Emilia Romagna

Syaiful Rachman
Lebih Cepat dari Hamilton, Bottas Raih Pole Position GP Emilia Romagna
Pembalap Mercedes Valtteri Bottas (kiri) yang merebut pole position di GP F1 Eifel mendapatkan salam dari rekan setimnya Lewis Hamilton setelah sesi kualifikasi di sirkuit Nuerburgring. WOLFGANG RATTAY / POOL / AFP

Kedua pebalap Mercedes itu hanya terpaut 0,097 detik.

Suara.com - Valtteri Bottas merebut pole position Formula 1 Grand Prix Emilia Romagna di Imola, Italia, Sabtu (31/10/2020). Diikuti rekan satu timnya, Lewis Hamilton, di posisi dua sekaligus memastikan dominasi Mercedes di baris terdepan.

Kedua pebalap Mercedes itu dipisahkan dengan margin tipis 0,097 detik di babak kualifikasi berkat manuver lap terakhir sang pebalap Finlandia dengan waktu satu menit 13,609 detik untuk pole position ke-13 bagi Mercedes dari 13 balapan yang telah digelar musim ini.

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen finis peringkat tiga di setelah masalah power unit di fase kedua kualifikasi memaksa para mekanik membenahi mobil pebalap asal Belanda itu.

Pierre Gasly tampil impresif mengunci P4 untuk tim AlphaTauri.

Baca Juga: Verstappen Kalah Cepat dari Hamilton di Sesi Latihan Bebas Imola

Mercedes paling tidak harus finis peringkat empat di balapan pada Minggu nanti untuk mengunci gelar konstruktor ketujuh kalinya secara beruntun.

Driver Mercedes, Valtteri Bottas tampil dalam sesi latihan bebas F1 GP Portugal 2020 di Sirkuit Internasional Algarve, Sabtu (24/10/2020). [JORGE GUERRERO / POOL / AFP]
Driver Mercedes, Valtteri Bottas tampil dalam sesi latihan bebas F1 GP Portugal 2020 di Sirkuit Internasional Algarve, Sabtu (24/10/2020). [JORGE GUERRERO / POOL / AFP]

Formula 1 kembali ke Imola untuk pertama kalinya sejak 2006 ketika krisis kesehatan global memaksa pengenalan sirkuit baru ke kalender musim 2020.

Itu akan menjadi sirkuit ketiga di Italia yang menjadi tuan rumah balapan tahun ini setelah Monza dan Mugello.

"Trek ini, ketika kalian injak gas dalam-dalam, terasa cantik. Saya tahu saya harus memperbaiki diri di lap terakhir dan saya mendapat sedikit keunggulan yang saya perlukan," kata Bottas seperti dikutip Reuters.

"Perasaan yang luar biasa ketika kalian mendapatkannya.

Baca Juga: Mercedes Bidik Gelar Juara Dunia Konstruktor Ketujuh di Imola

"Ini akan menjadi pertarungan yang hebat. Salah satu jalur terpanjang di kalender menuju Tikungan 1 jadi tidak diragukan Lewis dan Max akan mengejar saya, tapi ini tempat yang baik untuk start dan semoga lajunya bagus," kata Bottas yang meraih pole position keempatnya musim ini.

Komentar