facebook

Perjuangan Indonesia di Olimpiade Tokyo Berakhir dengan Raihan 5 Medali

Arief Apriadi
Perjuangan Indonesia di Olimpiade Tokyo Berakhir dengan Raihan 5 Medali
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berpose di tengah lapangan Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo seusai merengkuh medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Senin (2/8/2021). LINTAO ZHANG / POOL / AFP.

Tambahan dua medali di hari ke-10 membuat Indonesia total meraih lima medali di Olimpiade Tokyo 2020, dengan rincian satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Suara.com - Perjuangan kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 resmi berakhir hari ini, Senin (2/8/2021). Tim Merah Putih mengakhiri pesta olahraga terakbar itu dengan raihan lima medali.

Pada hari ke-10 Olimpiade Tokyo, Indonesia berhasil menambah dua medali dari cabang olahraga bulutangkis lewat Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Anthony Sinisuka Ginting, sebagaimana dilansir laman resmi Olympic.

Greysia/Apriyani sukses mempersembahkan medali emas perdana sekaligus satu-satunya bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Pasangan ganda putri ranking enam dunia itu menaiki podium tertinggi setelah mengalahkan ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di final dengan skor 21-19, 21-15.

Baca Juga: Samsung Gratiskan Galaxy S21 Edisi Khusus untuk Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Sementara Anthony Sinisuka Ginting menyumbang medali perunggu. Dalam laga perebutan tempat ketiga, atlet 24 tahun itu mengalahkan Kevin Cordon (Guatemala) dengan skor 21-11, 21-13.

Di sisi lain, atlet terakhir Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020, Nurul Akmal gagal mempersembahkan medali dari cabang olahraga angkat besi kelas +87kg putri.

 Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan. (Dok: Kemenpora)
Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan. (Dok: Kemenpora)

Nurul hanya menduduki peringkat kelima dengan total angkatan 256kg. Rinciannya, atlet asal Aceh itu mencatatkan 115kg snatch, dan 141kg clean & jerk.

Tambahan dua medali dari bulutangkis membuat Indonesia mengakhiri Olimpiade Tokyo 2020 dengan raihan lima medali yakni 1 medali emas, 1 perak, dan tiga perunggu.

Medali perunggu dipersembahkan lifter putra Eko Yuli yang turun di kelas 61kg, sementara dua medali perunggu lainnya dipersembahkan oleh Windy Cantika Aisah (49kg putri), dan Rahmat Erwin Abdullah (73kg putra) yang juga berasal dari cabang olahraga angkat besi.

Baca Juga: Susul Greysia/Apriyani, Anthony Ginting Sumbang Perunggu Usai Kalahkan Kevin Cordon

Hingga berita ini ditulis, rincian medali yang didapat mengantarkan Indonesia untuk sementara duduk di peringkat ke-35, dan berpotensi turun lantaran Olimpiade Tokyo baru akan berakhir pada 8 Agustus mendatang.

Komentar