alexametrics

Siri Apple 'Selamatkan' 3 Nyawa Nelayan

Yazir Farouk | Aditya Gema Pratomo
Siri Apple 'Selamatkan' 3 Nyawa Nelayan
iPhone 6s. (shutterstock)

Kondisi laut sedang tidak bersahabat.

Suara.com - Asisten virtual Siri, biasa digunakan pengguna gadget untuk menjalankan ponsel dengan perintah suara. Namun siapa sangka, teknologi ini dapat berguna dalam keadaan darurat.

Menurut laporan yang beredar, tiga nelayan tengah berlayar dengan sebuah kapal sekitar 6 km dari pantai Florida. Saat itu, kondisi laut sedang tidak bersahabat.

Tak lama kemudian, kapal tersebut mulai goyah. Air laut mulai mengisi lambung kapal dengan cepatnya.

Dalam keadaan darurat, seorang nelayan berinisiatif menggunakan fitur 'hey siri' yang terdapat di iPhone. Fitur ini, ia gunakan untuk menelepon 911.

Baca Juga: Apple Rekrut Mantan Pegawai NASA dalam Proyek Mobil Swakemudi

Beberapa saat kemudian, helikopter penjaga pantai datang untuk menyelamatkan ketiganya. Kini, mereka telah dirawat di rumah sakit setempat.

"Mereka menggunakan iPhone 7 yang memiliki ketahanan terhadap air. Namun, nelayan itu tidak bisa menggunakan jarinya untuk menyentuh ponsel karena suhu yang dingin. Jadi, ia menggunakan fitur Siri," kata James Barrett, seorang polisi setempat.

Ini bukan pertama kalinya, Siri menyelamatkan manusia. Beberapa bulan yang lalu, misalnya, seorang anak berusia empat tahun menggunakan fitur tersebut untuk menelepon 911 setelah ibunya pingsan.

Dan pada musim panas yang lalu, seorang ibu di Australia menggunakan fitur tersebut untuk meminta pertolongan sementara dia merawat putrinya yang berusia 1 tahun yang telah berhenti bernapas. [Bgr.com]

Baca Juga: Dokumen Ini Bongkar Rahasia Apple soal Mobil Swakemudi