alexametrics

Komputer Pertama Dibuat Steve Jobs Dilelang Seharga Rp1,7 Milyar

Dythia Novianty
Komputer Pertama Dibuat Steve Jobs Dilelang Seharga Rp1,7 Milyar
Komputer buatan Stev Jobs pertama, Apple-1. [Metro]

Komputer pertama buatan Steve Jobs dilelang seharga Rp1,7 miliaran.

Suara.com - Apple-1 merupakan hasil produksi Apple pertama yang menjadi salah satu barang langka, yang dibuat sekitar 200 buah pada 1976 dan dirancang Steve Wozniak  bersama Steve Jobs, akhirnya dijual. Barang ini kini dijual seharga 100.000 pound atau sekitar Rp1,7 milyar.

Meski tidak dinilai terlalu tinggi, mesin ini memiliki nilai sejarah berharga. Keberadaan komputer ini merupakan awal dari terbangunnya kerajaan Apple.

Ini juga merupakan PC siap pakai pertama yang hadir di pasaran, dengan harga 666 dolar AS atau kisaran Rp8,8 jutaan saat itu. Apple-1 memiliki RAM 8KB, sekitar 600.000 kali lebih rendah dari standar di komputer Apple saat ini.

Muatan tersebut bahkan tidak bisa menyimpan satu lagu. Diperkirakan hanya ada 60 komputer Apple-1 yang bertahan, dengan hanya delapan yang masih bisa beroperasi.

Baca Juga: Hidup Sukses Seperti Steve Jobs

Mesin khusus ini, Apple-1 No. 01-0073, dimiliki oleh seorang insinyur perangkat lunak dari Berkeley di Silicon Valley California, yang telah memilikinya sejak jaman dulu.

Di masa itu, Apple-1 sangat bagus. Datang dengan mikroprosesor keramik 6502 putih langka dan satu set lengkap chipdan dokumen bersejarah, termasuk surat pembelian dari bulan November 1976.

Bahkan, ada catatan kontemporer tentang percakapan telepon antara pemilik dan Wozniak, dari tahun 1977. Dari 200 mesin yang dibuat oleh Jobs dan Woz. Sebanyak 50 unit dijual ke toko lokal bernama Byte.

"Apple-1 benar-benar simbol impian Amerika. Dua siswa memiliki ide, membangun dan memasarkannya, dan 40 tahun kemudian merupakan perusahaan dengan nilai tertinggi," ujar Uwe Breker, dari pelelang Team Breker di Cologne, Jerman.

Steve Wozniak merancang komputer Apple-1, kit komputer pertama yang dirakit secara penuh, pada tahun 1976 dan Steve Jobs menjualnya. Di garasi tua Jobs, mereka membangun 200 mesin Apple dan menjualnya ke sebuah toko komputer bernama Byte.

Baca Juga: Turtleneck Milik Steve Jobs Dilelang, Anda Tertarik?

Toko itu memasarkannya dengan slogan 'Byte ke Apple' yang memberi Jobs ide untuk logo ikon yang kita kenal dengan baik hingga hari ini.