alexametrics

Fakta Ini Mengungkap Mengapa Kucing Suka Sekali Kotak

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Fakta Ini Mengungkap Mengapa Kucing Suka Sekali Kotak
Kucing dan kotak. [Twitter]

Para pemilik kucing, beramai-ramai membuat tagar #CatSquare dan mengunggah foto kucing mereka yang berada di dalam sebuah kotak.

Suara.com - Para pemilik kucing, beramai-ramai membuat tagar #CatSquare dan mengunggah foto kucing mereka yang berada di dalam sebuah kotak, entah itu kotak sungguhan ataupun hanya berbentuk pola. Tapi tak hanya kotak, kucing sebenarnya suka sekali masuk ke dalam benda-benda yang memiliki ruang. Apa penyebabnya?

Dilansir dari The Conversation, itu adalah naluri kehidupan yang dimiliki kucing. Kucing suka berada di dalam ruang kecil di mana mereka merasa jauh lebih aman.

Para ahli mengatakan kotak tersebut yang melingkupi tubuh kucing, dapat memberikan endorfin dan menyebabkan kenikmatan serta mengurangi stress bagi kucing.

Saat kecil, kucing tersebut biasa meringkuk bersama dengan ibu dan saudara-saudara mereka, merasakan kehangatan dan sentuhan. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Belanda, kucing yang hidup dengan kotak mereka sendiri dapat beradaptasi dengan lingkungan baru mereka lebih cepat dibandingkan dengan kelompok kucing tanpa kotak.

Baca Juga: Dicari, Perawat 55 Kucing di Pulau Terindah Yunani, Tertarik?

Hal ini dapat disimpulkan bahwa kucing yang hidup dengan kotak tidak memiliki tingkat stress yang tinggi karena mereka memiliki tempat persembunyian untuk meringkuk.

Studi ini menjadi pembelajaran bagi semua orang yang memiliki kucing. Meskipun tanpa kotak asli, kotak virtual yang berbentuk seperti pola di lantai pun bisa menjadi pengganti. Walaupun sebenarnya hanya dengan memberi kucing kotak bekas sepatu, itu sudah memberikan rasa aman bagi mereka.