Terungkap, Ternyata Kuda Tak Bisa Lihat Warna Ini

Agung Pratnyawan
Terungkap, Ternyata Kuda Tak Bisa Lihat Warna Ini
Ilustrasi kuda. [pixabay]

Jangan kerja keras bagai kuda, kuda tak bisa lihat warna ini.

Suara.com - Sebuah penelitan terbaru berhasil mengungkap kalau ternyata ada warna yang tidak bisa dilihat kuda. Penelitian dari Universitas Exeter ini mengungkap kalau kuda tak bisa melihat warna oranye.

Tim peneliti juga mengungkap bahwa penelitan mereka dapat digunakan untuk meningkatkan keselamatan pacuan kuda. Diketahui papan luncur untuk pagar dan rintangan pada sebagian lintasan pacuan kuda dicat oranye.

Baca Juga : Harriet, Keledai Viral yang Bisa Bernyanyi

Ternyata warna itu hanya bisa berguna untuk manusia namun tidak bisa berefek apa-apa pada kuda. Penelitian ini dipimpin oleh Martin Stevens, seorang profesor ekologi sensorik dan evolusi dari Universitas Exeter.

Ia dan juga peneliti lain berhasil mengungkap bahwa warna oranye yang dilihat oleh kuda ternyata akan tampak berwarna hijau di mata hewan tersebut. 

Ilustrasi kuda. [pixabay]
Ilustrasi kuda. [pixabay]

Itu berarti pagar yang selama ini digunakan pada sebagian standar pacuan kuda warnanya berbaur dengan rumput di mata kuda. Meski mata kuda memiliki sensor yang kuat, penglihatan mereka terbatas terkait dengan jarak.

Baca Juga : Paus, Hewan Raksasa dengan Suara Merdu Saat Bernyanyi

Dikutip dari Hitekno.com, detail yang dapat dilihat manusia dari jarak 9 meter, hanya dapat dilihat oleh kuda dari jarak 6 meter.

''Seekor kuda harus 50 persen lebih dekat untuk melihat detail yang sama seperti manusia,'' kata Stevens dalam penjelasannya.

Ia juga mengatakan bahwa joki kuda perlu berhati-hati dalam mencermati penelitian ini. Manusia yang melihat 9 meter dan telah melakukan ''persiapan'' ternyata kuda tak bisa melakukan dengan cara yang sama.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS