Login Apapun via Facebook? Ini Bahaya dan Solusinya

Ade Indra Kusuma | Lintang Siltya Utami
Login Apapun via Facebook? Ini Bahaya dan Solusinya
Login Facebook [youtube]

Facebook memberi jalan bagi pengguna untuk melepas akses tersebut bahkan mengkustomisasinya.

Suara.com - Skandal Cambridge Analytica yang dialami Facebook membuka wawasan bahwa informasi yang dibagikan pengguna di Facebook saat login ke situs apapun dengan akun Facebook, ternyata aplikasi pihak ketiga hingga pengiklan bisa juga lho melihat dan mengakses data pribadi di Facebook Anda..

Tanpa sadar, biasanya pengguna menautkan akses Facebook kepada aplikasi pihak ketiga tanpa tahu bahwa aplikasi tersebut bisa melihat, melacak aktivitas pengguna dalam platfrom Facebook. Namun, yang Anda harus tahu juga adalah Facebook memberi jalan bagi usernya untuk melepas akses tersebut dan bisa mengkustomisasinya.

1. Langkah pertama setelah login ke Facebook, masuk ke halaman 'Pengaturan' yang dapat dilihat dari menu di sudut kanan atas desktop Facebook.

2. Navigasikan ke tab 'Aplikasi dan Situs Web' yang berada di sebelah kiri.

3. Setelahnya, pengguna dapat melihat semua aplikasi yang mendapat akses langsung ke Facebook.

4. Setiap kali pengguna mengunduh sebuah aplikasi di smartphone dan mengeklik "masuk menggunakan Facebook", aplikasi tersebut akan muncul dalam kolom ini.

5. Terdapat tiga kolom di atas yang menunjukkan status aplikasi tersebut, yaitu Aktif, Kadaluarsa, dan Dihapus.

6. Pilih salah satu aplikasi yang ingin pengguna hapus atau kustomisasikan dalam kolom Aktif. Tepat di bawah nama aplikasi tersebut, pengguna akan menemukan 'Lihat dan edit'. Setelah diklik, pengguna dapat melihat akses data dan informasi apa saja yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Sebagai contoh, aplikasi tersebut meminta informasi daftar teman, kiriman linimasa, alamat email, hingga akses seperti visibilitas aplikasi dan mengirimkan notifikasi. Dalam kolom tersebut, pengguna dapat mengkustomisasinya atau bahkan menghapus akses aplikasi tersebut sekaligus. Bahkan untuk menghapusnya, Facebook juga menawarkan opsi untuk menghapus semua postingan, foto, dan video di Facebook yang mungkin sudah diposting oleh aplikasi tersebut atas nama akun pengguna.

Jika aplikasi tersebut mungkin masih memiliki informasi yang sudah pengguna bagikan sebelumnya, pengguna dapat mengunjungi bagian kebijakan privasi dari aplikasi tersebut.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS